Mulai Senin Pekan Depan, Gerbang UM Di Jalan Surabaya Akan Difungsikan Dua Arah

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Gerbang Universitas Negeri Malang (UM) yang terletak di Jalan Surabaya akan difungsikan menjadi dua arah terhitung sejak Senin 14 Januari 2019.

Informasi tersebut didapati SURYAMALANG.COM dari akun instagram story @universitasnegerimalang pada Jumat (11/1/2018).

Penerapan dua arah tersebut karena imbas Jalan Jakarta yang kini difungsikan menjadi satu arah dan dijadikan jalan kembar. Sebelumnya gerbang UM yang terletak di Jalan Surabaya tersebut hanya difungsikan satu arah yakni menjadi jalan masuknya mahasiswa.

Hal tersebut dibenarkan Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Menurutnya, gerbang UM mulai hari senin (14/1/2019) akan difungsikan menjadi pintu masuk dan pintu keluar oleh mahasiswa, dosen, karyawan maupun tamu yang akan ke UM.

pintu-gerbang-um-kota-malang.jpg

Gerbang Universitas Negeri Malang yang terletak di Jalan Surabaya, Kota Malang – suryamalang.com/Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah

“Gerbang UM yang ada di Jalan Surabaya itu nantinya akan langsung menuju ke Jalan Semarang. Untuk itu Jalan Semarang akan kami maksimalkan sebagai jalan utama keluar masuknya ke Jalan Surabaya,” ucapnya, Sabtu (12/1/2019).

Di sisi lain, di dalam kampus UM nantinya juga akan diterapkan rekayasa jalan walaupun sifatnya masih parsial atau tidak secara menyeluruh. Hal itu disebabkan karena adanya pembangunan beberapa gedung berada di sejumlah titik di dalam kampus UM.

“Di tahun 2019 ini kami akan membangun beberapa gedung yang nantinya juga akan diberlakukannya rekayasa jalan yang ada di dalam kampus,” ujarnya.

Rofi’uddin menambahkan imbas lain dari satu arahnya Jalan Jakarta ialah pihaknya akan membuka portal yang ada di Jalan Blitar. Hal itu akan semakin mempermudahkan akses keluar masuk bagi para warga ataupun mahasiswa.

“Kami sudah minta dari bagian rumah tangga UM untuk membuka portal di ujung Jalan Blitar. Walaupun kini masih terdapat kendala karena portal tersebut dibuka pada waktu-waktu tertentu saja.

Sementara, dengan difungsikannya dua arah di gerbang UM jalan Surabaya mendapat respon baik dari Nur Rasuna Intan (19), mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan UM.

Menurutnya, hal tersebut akan membantu dirinya dan beberapa mahasiswa lain yang sedang kos di sekitaran Jalan Surabaya.

“Saya sangat mendukung sekali kalau mulia Senin (14/1/2019) gerbang itu akan difungsikan menjadi dua arah. Intinya jika kebijakan tersebut tidak menyulitkan mahasiswa ya pasti akan kita dukung,” imbuhnya.

Sementara itu, Jalan Jakarta sendiri kini disulap menjadi jalan kembar. Rekayasa jalan tersebut mulai difungsikan pada hari Kamis (10/1/2019) oleh Dinas Perhubungan Kota Malang dan juga Satlantas Polres Malang Kota maupun dari pihak TNI.

Jalan Jakarta difungsikan bagi para pengendara yang melintas dari Jalan Surabaya menuju Jalan Ijen. Begitu sebaliknya, pengendara dari Jalan Ijen harus melewati Jalan Simpang Ijen depan Bakorwil yang akan menuju ke Jalan Surabaya.

Sumber dari: http://suryamalang.tribunnews.com/amp/2019/01/12/mulai-senin-pekan-depan-gerbang-um-di-jalan-surabaya-akan-difungsikan-dua-arah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *