Mobil Listrik Universitas Negeri Malang (UM) Alias Tayo Ini Akan Segera Launching!

Infokampus.news, Malang – Mobil listrik Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu pilihan transportasi massal yang akan segera digunakan saat car free day. Car free day UM sendiri memang dilakukan setiap hari jum’at, namun sarana transportasi yang bisa digunakan hanya sepeda kayuh saja.

BERITA KAMPUS UM

“Kan itu hanya memuat satu orang saja, nah ini bisa dipakai kalau ada tamu karena muat banyak. kapasitasnya bisa hingga 6 orang dengan masing-masing bobot maksimal 80kg per orang.” Terang Aziz Kurniawan, Koordinator Manufaktur mobil listrik UM alias ‘Tayo’ ini.
Moli ini sendiri dibuat karena adanya dana hibah PNBP sebesar 135 juta. Hingga saat ini penggunaannya dana ini sudah mencapai  70%. “Konsepnya ini hanya alat transportasi massal yang tidak menggunakan bahan bakar dan juga tidak menghasilkan polusi. Tenaganya pakai sel surya dengan kapasitas 400WP dan kecepatan maksimum 30 km/jam.” Papar Aziz pada wartawan
Tenaganya sendiri disimpan dalam 2 buah charger dan lama pengisinya per charger 3 jam. Lebih jauh aziz menjelaskan kendaraan ini sendiri juga mampu digunakan berkendara selama 3 jam penuh.
“Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti sih, hanya kami sebagai mahasiswa sering sulit mengatur jadwal saja dalam pengerjaannya. Setelah ini kami berikan pada kampus, untuk penggunaannya ya terserah.” Imbuhnya.
Diketuai oleh Prof. Marji dan digarap oleh sebanyak 30 orang mahasiswa, kendaraan yang sudah dikerjakan mulai bulan Juni silam. “Moli” alias “tayo” ini rencananya akan dilaunching Senin pekan depan ini diharapkan menjadi sarana transportasi massal yang tidak hanya memudahkan namun juga bisa menjadi ikon dari UM. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *