Mau Imbang Otak Kanan-Kiri, Mainlah Drum Band

Derap langkah dan dentuman drum membuat harmoni yang indah dan penuh semangat. Ratusan siswa dari TK hingga SMA tumpah ruah di depan Balai Kota Kediri. Mereka mengikuti Parade Drum Band dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-1.139 Kota Kediri dan HUT ke-73 RI, Jumat siang (31/8/2018).

Parade sekaligus perlombaan drum band para pelajar Kota Kediri itu memperebutkan dua kategori. Itu membuat para peserta berlomba-lomba dalam menampilkan performa terbaiknya.

Parade drum band setiap tahun digelar Pemkot Kediri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam parade ini dua kategori diperebutkan, yaitu lomba parade dan lomba unjuk gelar atau konser.

Untuk kategori parade menonjolkan kemampuan berbaris sambil memainkan alat musik. Adapun kesulitan dalam kategori ini para peserta diharuskan untuk berkonsentrasi ganda pada gerakan kaki dan tepat membawakan lagu.

Unjuk gelar merupakan bentuk pertunjukan dengan lagu andalan dan koreografi. Itu membutuhkan konsentrasi untuk mengikuti aba-aba gitapati dan paramanandi.

Budwi Sunu, Sekretaris Daerah Kota Kediri mengatakan, semangat anak-anak membuatnya bangga. Ajang itu bisa meningkatkan bakat keterampilan bermusik para anak-anak.

“Efek bermain drum band juga cukup bagus. Karena menurut penelitian bisa meningkatkan IQ manusia dewasa maupun anak-anak sebesar 7 persen. Itu karena otak kanan dan kiri bekerja  bersamaan,” ujarnya.

Surya 4 September 2018 artikel

Surya 4 September 2018

Budwi juga berharap agar kegiatan yang positif bagi generasi muda itu terus diadakan. Kompetisi drum band dapat menjadi sarana yang bagus bagi anak-anak untuk melatih kebersamaan dan disiplin. Tak hanya itu, kegiatan itu juga mampu menumbuhkan rasa percaya diri untuk tampil di muka umum.

“Semoga anak-anak terus menjaga kebersamaan dan melatih kedisiplinan. Koordinasi agar selalu dilakukan secara baik bersama pelatih,” tegas Budwi.

Selain itu, warga Kota Kediri pun antusias melihat parade drum band. Itu seperti Gholib Haroky yang datang dari Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri yang menonton setiap peserta drum band ini.

Menurutnya selain mampu menjadi ajang refreshing. Jarang ada kegiatan spektakuler sekelas parade drum band yang dikemas cantik dan indah seperti di halaman Balai Kota Kediri itu.

“Penampilannya cukup memukau, terlebih dari koreografi dan skill bermusiknya. Mereka pasti berlatih keras,” tutur Roky.

Moh Fikri ZulfikarMahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang fikrizulfikar982@gmail.com

Sumber dari: http://surabaya.tribunnews.com/2018/09/03/mau-imbang-otak-kanan-kiri-mainlah-drum-band

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *