Mahasiswa UM Berhasil Dipulangkan dari China

INFOKAMPUSNEWS – Universitas Negeri Malang (UM) telah berhasil memulangkan mahasiswanya dari China. Hari ini (07/02) telah resmi dikeluarkan press release terkait tindak lanjut pemulangan 6 (enam) mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang  sedang menempuh program Student Exchange 3+1 di Guang Xi Normal University (GXNU), Guang Xi, Tiongkok.

Pemulangan mahasiswa UM ini awalnya direncanakan pada tanggal 13 Februari 2020 dan ternyata dapat terealisasi lebih cepat.

Direktur Kantor Hubungan Internasional, Dr. Evi Eliyanah mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan wabah virus New Corona yang semakin memburuk dan peningkatan jumlah korban yang semakin banyak, dan semakin banyaknya larangan penerbangan ke dari dan menuju Tiongkok di berbagai bandara internasional, termasuk Indonesia.

Melihat perkembangan situasi ini, Pimpinan UM mendesak untuk memulangkan mahasiswa dari Guang XI. Tentunya hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mahasiswa dan keselamatan warga negara Indonesia. Keputusan ini juga didukung oleh pihak GXNU dengan membantu persiapan kepualangan mahasiswa.

Universitas Negeri Malang (UM)

“Keenam mahasiswa tersebut bertolak dari Tiongkok pada 5 Februari 2020 dan tiba di Malang pada keesokan harinya. Mereka telah menjalani serangkaian thermal scanning, baik di berbagai bandara yang mereka singgahi, maupun di bandara akhir, yaitu Bandara  Internasional Juanda, 6 Februari 2020,” tutur Dr. Evi Eliyanah.

Saat ditemui tim Infokampus.news, Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd menyampaikan kebijakan yang diambil UM terkait mahasiswa UM yang berada di China,  “Masa inkubasi virus itu 14 hari. 14 hari ini yang dijadikan kata kunci. Dia datang, 14 hari di karantina di suatu tempat.  nanti akan dilihat. karena namanya masa inkubasi itu masa masuknya virus sampai munculnya gejala. 14 hari seperti SOPnya kesehatan dan lain sebagainya kita ikuti saja. Nah, kemudian jikalau tidak terjadi apa-apa dia akan kembali sesuai dengan apa dia fungsinya dia,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Kantor Hubungan Internasional, Dr. Evi Eliyanah menyampaikan  hasil scan kesehatan keenam mahasiswa dinyatakan bersih dari virus New Corona. Selain itu para mahasiswa juga mendapat pengawasan khusus dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, UM juga terus berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk memantau keadaan ini. Pemantauan ini dilaksanakan selama 14 hari kedepan dan mahasiswa belum diperbolehkan masuk perkuliahan. Mahasiswa juga dianjurkan melapor ke fasilitas terdekat dengan menunjukkan Alert Card selama 14 hari kedepan jika terjadi beberapa keluhan seperti demam, bersin-bersin, batuk, radang tenggorokan atau sesak napas.

“UM sangat mengapresiasi respon positif dan koordinasi yang baik dengan pihak Dinas Kesehatan, KKP Bandara Juanda, serta Polresta Malang, UM juga sangat mengapresiasi kerjasama dan dukungan orangtua mahasiswa,”   (Hum/ Arn/Rfl)

Sumber dari: https://infokampus.news/mahasiswa-um-berhasil-dipulangkan-dari-china/

Leave a Reply