Kuliah Online, Tiga Kampus di Malang Gandeng Provider Seluler

KOTA MALANG – Kuliah online menjadi alternatif kampus di tengah wabah corona virus disease (Covid-19) yang makin meresahkan.

Di Kota Malang, tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah menyiapkan platform dan menggandeng layanan provider untuk memfasilitasi kegiatan kuliah di rumah. Kampus-kampus itu yakni Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang.

Ketiga kampus itu menggandeng Indosat Ooredoo untuk memfasilitasi mahasiswanya. Provider ini memberikan akses internet gratis ke beberapa platform pembelajaran digital terkemuka di Asia Tenggara. Di antaranya Ruangguru, Quipper, Sekolahmu.com, dan Rumah Belajar.

Kabag Humas UB, Kotok Guritno mengatakan bahwa mulai 19 Maret hingga 20 April mahasiswa bisa mengakses website UB gratis dengan provider tersebut.

“Semua website dengan domain ub.ac.id bisa diakses gratis menggunakan kuota Indosat. Jadi mahasiswa bisa belajar online dengan tenang,” ujarnya.

Pun dengan Kasubag Humas UIN Maliki Malang, Fakhtul Ulum. Ia mengatakan bahwa UIN Malang bekerjasama dengan Indosat Ooredoo agar mahasiswa tak ketinggalan materindi tengah wabah Covid-19

“Harapannya yang ngeluh kuota habis dan nggak bisa kuliah online itu nggak ada. Semua mahasiswa bisa akses gratis,” tegasnya.

Ya, melalui program ini, IM3 Ooredoo mendukung kegiatan belajar di rumah dengan memberikan kuota gratis 30GB untuk mengakses aplikasi belajar online bagi semua pengguna IM3 Ooredoo.

Kuota gratis 30GB bisa diperoleh melalui aplikasi myIM3 atau *123*369# dan berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan. Kuota internet gratis ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses ke lebih dari 60 platform e-Learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia.

Agar mahasiswa dan dosen tetap dapat melanjutkan proses perkuliahan selama krisis COVID-19 berlangsung, tanpa menghabiskan kuota internet mereka.

“Saat ini proses belajar-mengajar, kegiatan sekolah, dan bekerja dirasakan sangat berbeda dari biasanya karena adanya penerapan social distancing, dan sebagai dampaknya kami memahami kebutuhan berinteraksi secara online atau digital akan meningkat secara signifikan,” ujar Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Sumber dari: https://radarmalang.id/kuliah-online-tiga-kampus-di-malang-gandeng-provider-seluler/

Leave a Reply