Karyawan Berprestasi UM, Lulusan Terbaik FIA UB

Jumat, 06 Sep 2019,

MALANG – Dapat beasiswa penuh dari Kemristek Dikti, mahasiswa Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) berhasil meraih predikat Dengan Pujian atau Cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.88. Adalah Achmad Qorni Novianto, M.M yang menyelesaikan studinya tepat waktu meskipun telah menjadi tenaga pendidikan PNS di Universitas Negeri Malang (UM).

“Saya menyelesaikan studi di FIA UB tepat 4 semester melalui beasiswa dari Kemristek Dikti. Saya mendapat tawaran beasiswa tersebut karena menjadi tenaga kependidikan berprestasi di UM. Kemudian oleh pimpinan saya didorong untuk menempuh studi master,” kata Achmad pada Malang Post usai menjalani prosesi persiapan Wisuda di Gedung FIA UB, Jumat (6/9).

Sebelumnya, Achmad merampungkan studi D3 Perpustakaan di UM pada tahun 2013, lalu langsung diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di UM. Kemudian ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S1 Perpustakaan di UM dan berhasil lulus pada tahun 2016. Kemudian ia mendapat tawaran beasiswa tersebut, dan lebih memilih Program Manajemen Perguruan Tinggi dibanding bidang Perpustakaan lagi.

“Saya lihat reputasi FIA UB sangat bagus, selain itu pimpinan saya di UM juga mendorong saya untuk mengambil program tersebut. Jadi saya putuskan tidak mengambil perpustakaan lagi, tapi mengambil Program Manajemen Perguruan Tinggi,” tandasnya.

Menurut Achmad, keputusannya ternyata benar-benar membawa manfaat baginya. Sebab, pada program studi yang tempuh sangat mendukung kinerjanya baik itu sebagai pustakawan maupun sebagai tenaga kependidikan di UM.

“Sebenarnya setelah menerima beasiswa ini saya dibebas tugaskan, tapi tak jarang pimpinan saya memberikan tugas ini itu. Akhirnya saya harus nyambi, tapi apa yang saya dapatkan dikelas benar memberi manfaat pada pengelolaan kinerja saya sejauh ini,” jelas pria asli Malang ini.

Achmad juga menjelaskan, terkait dengan bagaimana iklim pendidikan di FIA sangat baik bagi seorang administrator seperti dirinya. Setelah ini, ia menyebut juga berencana mengambil studi S3 di UB jika kembali dipercaya untuk meraih beasiswa. Lebih lanjut Achmad sempat juga menceritakan dosen favoritnya, yakni Kaprodi Manajemen Pendidikan Tinggi Bambang Santoso Haryono dan salah dosen pembimbingnya yaitu Lely.

“Mereka sangat peduli pada mahasiswanya, mengarahkan kami agar bisa lulus tepat waktu, dan membantu menemukan judul tesis. Mereka juga selalu memantau perkembangan penelitian saya, dan memberikan motivasi agar bisa cepat selesai,” imbuhnya

Sementara itu, untuk jenjang S1, ada Korina Tasya Kamila S,AB yang berhasil meraih predikat dengan pujian dengan raihan IPK 3.86. Capaian Korina tersebut tak kalah membanggakan, sebab selama menempuh kuliah, Korina juga sambil membantu orang tuanya yang memiliki usaha di bidang konveksi seragam sekolah skala menengah.

Saat ini Korina sedang fokus untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan keinginannya di PT Pindad. Korina menyebut bahwa sekarang saatnya untuk mencari pengalaman di dunia kerja, setelah sebelnya mendapat pelajaran di FIA yang menurutnya telah membuatnya jauh berkembang.

Sementara itu, FIA UB pada periode kali ini meluluskan setidaknya 103 mahasiswanya yang berasal dari 5 program studi yakni Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Perpajakan, Ilmu Administrasi Pendidikan, dan Magister Manajemen Pendidikan Tinggi. (asa/adv/oci)

Sumber dari: http://www.malang-post.com/berita/detail/karyawan-berprestasi-um-lulusan-terbaik-fia-ub

Leave a Reply