Gegara Korona, Moeldoko Batal Hadiri Istighosah di Tumpang

KABUPATEN MALANG – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purnawirawan) TNI Moeldoko semula dijadwalkan hadir dalam acara pengajian dan istighosah rutin yang diadakan di Pondok Pesantren Az Zainy, Tumpang, Kabupaten Malang Jumat ini (27/3). Namun belakangan, rencana itu urung terwujud.

“Karena kondisi sekarang ini tidak boleh ada aktivitas massa akibat wabah korona, maka pengajiannya dengan sangat terpaksa kami liburkan,” kata KH Zain Baik, Pengasuh Az Zainy, kepada koran ini didampingi Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr A.H Rofi’uddin M.Pd di kompleks pondoknya kemarin.

Padahal, lanjut Gus Zain (sapaan akrab KH Zain Baik), pihaknya sebagai tuan rumah sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan sangat matang. Dia mengaku sudah menyiapkan tempat transit atau hotel untuk rombongan Moeldoko dan beberapa tamu dari Jakarta. “Karena ini adalah pengajian terakhir menjelang Ramadan. Biasanya massa yang datang jauh lebih banyak,” ujarnya. “Insya Allah, jika kondisinya sudah memungkinkan, pengajian dan istighosah rutin akan dilaksanakan lagi pada 5 Juni setelah lebaran,” tandasnya.

Sebenarnya, sangat berat bagi Gus Zain untuk meliburkan pengajiannya itu. “Ini pertama kalinya saya meliburkan pengajian. Dulu, meski pun saya sakit, nggak bisa bangun, pengajian tetap diadakan. Tapi, karena wabah korona ini sangat serius, dan tidak bisa dianggap remeh, maka dengan sangat terpaksa pengajian harus saya liburkan,” paparnya. Ini sekaligus mendukung instruksi dari pemerintah yang melarang berbagai aktivitas berkumpulnya massa.

Pada kesempatan ini, Gus Zain mengimbau kepada warga Malang Raya, khususnya para jamaah pengajian Az Zainy, untuk tidak panik dan khawatir secara berlebihan dalam menghadapi wabah Corona. “Insya Allah akan segera ada obatnya,” katanya.

Dia lantas menganjurkan untuk banyak-banyak membaca salawat “Tibbil Qulub” dan wirid “Hasbunallah wa ni’mal wakiil,”. “Insya Allah berkah,” lanjutnya.

Sumber dari: https://radarmalang.id/gegara-korona-moeldoko-batal-hadiri-istighosah-di-tumpang/

Leave a Reply