Dramatis ! Kafilah MTQMN UM Juara Umum Empat Kali Berturut-turut

 

MALANG | duta.co -Universitas Negeri Malang (UM) bukukan kemenangan menjadi juara umum empat kali berturut-turut dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN). Menyisihkan 2.484 peserta, dari 229 perguruan tinggi yang diikuti dari 34 propinsi se Indonesia Raya. Kemenangan dramatis, karena hanya terpaut satu point dari pesaingnya, yakni perguruan tinggi negeri satu kota.

Menurut Wakil Rektor (WR) III UM bidang Kemahasiswaan, Dr Mu’arifin MPd, bahwa dalam meraih kemenangan, Alloh Subhanah Wat Ta’ala masih memberi kesempatan kepada kampus ini untuk menyandang juara umum ke 4 kalinya. Perhelatan akbar MTQMN Nasional ke XVI ini sendiri di gelar di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Tim MTQMN UM ke XVI yang berhasil menorehkan prestasi juara umum empat kali. (duta.co/dedik ahmad)

WR III UM kemudian mengatakan “Meski banyak keluhan mengenai minimnya air bersih dan menu masakan yang melulu bersantan. Tapi Alhamdulillah, berkat kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas UM dapat mempertahankan predikat juara umumnya,”  ujarnya saat menggelar konfrensi pers, Senin (05/08/2019).

Mu’arifin memaparkan pula, kemenangan ini lantaran rasa kepemilikan yang tinggi terhadap kampus UM. Ia menuturkan pula, dengan pola pembina kemahasiswaan yang berkesinambungan dan terprogram, semua capaian ini dapat diraih dengan segala pengorbanannya. Budaya di kampus ini yang selalu menjaga tradisi sebagai pekerja keras, hingga dapat melambungkan prestasi.

Kampus produsen tenaga pengajar ini dalam MTQMN ke enam belas ini berhasil memenangkan 12 cabang lomba. Diantaranya juara 1 Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ). Karya tulis ilmiah Alquran (KTIA) dan desain aplikasi Alquran (DAQ). Selanjutnya juga berhasil menyabet juara 2 dalam cabang musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 30 Juzz putrid, dan musabaqah Hifdzil Quran 20 Juzz putra. Tak hanya itu UM juga berhasil menjadi juara 3 dalam cabang lomba Musabaqah Debat Bhasa Arab (MDBA), Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) dan Musabaqah Khotmil Quran (MKQ) dan lain-lainya.

Ketua Kafilah MTQMN UM, Moh Fauzan SPd MPd MPdI, menyampaikan, kemenangan ini dramatis sekali, lantaran diumumkan Ahad (04/08/2019,) mulai pukul 10 malam waktu setempat. Cuma selisih 1 point, dapat menghantarkan UM meraih gelar juara umum. Dengan berhasil mengumpulkan point 64, sedangkan rivalnya, Universitas Brawijaya Malang mendapatkan point 63, menyusul kemudian Universitas Gadjah Mada dengan point 41.

Sedangkan Penanggung  Jawab Kafilah, Dr Yusuf Hanafi Sag MFil I, menyatakan UM akan segera menyusun srtategi dan program khusus untuk mempertahankan prestasi ini, salah satunya dengan pendirian rumah Tahfidzul Quran.dah

sumber dari: https://duta.co/dramatis-kafilah-mtqmn-um-juara-umum-empat-kali-berturut-turut/

Leave a Reply