Daftar SNMPTN, Mantapkan Diri Sebelum Finalisasi

Published on Tuesday, 05 February 2019 00:06

MALANG РLembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan hasil pemeringkatan dan eligibel untuk mendaftar SNMPTN mulai pukul 08.00 WIB -15.00 WIB dengan menggunakan login siswa di web.snmptn.ac.id. Jumlah siswa yang eligibel untuk mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 orang. Jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah. Bagi siswa yang eligibel dapat segera mendaftar mulai 4 Februari pukul 15.00 WIB sampai 14 Februari mendatang. Pemeringkatan siswa dilakukan  oleh sistem Lembaga LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran.

Kepala Bagian Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Universitas Negeri Malang (UM), Dra. Aminarti Siti Wahyuni, mengimbau kepada siswa apabila sudah mendaftar SNMPTN dan finalisasi sebaiknya harus sungguh berminat.

“Tidak ada sistem mengundurkan diri, jika siswa sudah melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN 2019, data sudah tidak dapat diubah, termasuk pilihan program studi,” kata Yuni, sapaan akrabnya.

Untuk itu, sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN siswa harus memikirkan dengan matang. Perhatikan program studi, jurusan dan universitas yang dipilih.

Sementara itu, untuk jurusan IPA nilai yang digunakan Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Jurusan IPS yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Jurusan Bahasa menggunakan nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. Sementara bagi peserta didik dari SMK nilai yang menjadi penilaian adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

“Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019,” Jelas Ketua LTMPT, Ravik Karsidi.

Pemeringkatan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id. Eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di laman tersebut.

Syarat yang bisa mendaftar SNMPTN adalah yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT. Dengan cara login menggunakan NISN dan password ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

“Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada),” urai Ravik.
Bagi siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

“Selanjutnya siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN,” pungkasnya. (lin/oci)

Sumber dari: https://www.malang-post.com/pendidikan/daftar-snmptn-mantapkan-diri-sebelum-finalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *