Asiknya Belajar dan Olahraga di Taman

Malang Post 9 November 2016

Malang Post 9 November 2016

Malang Post 9 November 2016

Asiknya Belajar dan Olahraga di Taman

MALANG — Puluhan siswa dari Sekolah Luar Biasa Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang (SLB Autis LAB UM) asyik berolahraga di Taman Meijosari Kota Malang, kemarin. Mereka tak segan menjajal beragam peralatan olahraga yang tersedia di area taman.
“Kalau di sekolah kan mereka hanya melihat pemandangan di sekitar sudut kelas, namun tidak bisa menikmatiudaradi luar seperti sekarangbisasambil olahraga,”ujar Kepala SLB Autis Lab UM Drs. Ir. Drs. Ir. Endro WahyunoJM.Si. Kepada Malang Post
Agenda outing class tersebut diawali denganpermainan ringan, estafet bola dari satu anak ke anak yang lain. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa bisa bersosiahsasi di lingkungan taman. Kegiatan ini juga bisa melatih motorik anak. Motorik halus dengan melatih saraf tangan, sedangkan motorik kasar adalah gerakan seluruh badan mereka.
Bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), lanjut Endro, intensitas gerak motorik memang haras dilakukan karena mood atau stabilitas emosional mereka juga berasal dari kesegaran jasmani.
“Dengan berolahraga ringan seperti ini, mereka setidaknya berkeringat dan tidak merasa capek, namun tetap senang,” imbuhnya
Selain estafet bola, siswa SLB Autis juga terlihat senang bisa memanfaatkan alat olahraga yang tersedia di taman Meijosari. Mereka didampingi dengan guru pendamping mencoba satu per satu permainan alat olahraga yang tersedia di area taman.
“Biar mereka belajar cara mengoperasikan alat olahraga manual yang ada di taman, mereka bisa bermain dan berolahraga,’’ungkap Endro.
la tak ragu membebaskan siswanya untuk menjajal satu per satu permainan, asalkan tidak berebut dan tetap rakun serta bisa bergantian.
Selain itu, imbuh Endro kegiatan ini juga bisa melatih interaksi serta komunikasi anak dengan teman sebaya mereka ketika nenggunakan alat olahraga dan bermain estafet.
Outing class ini diikuti oleh 30 siswa, dengan 13 guru pendamping. Dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai waktu makan siang bersama di area taman. (sin/sir/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *