Akuntan Berkontribusi Sukseskan SDGs

Senin, 09 Sep 2019,

MALANG – Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) yang memiliki jurusan akuntansi seharusnya meningkatkan kapabilitas calon-calon sarjananya dalam menghadapi perubahan iklim bisnis perusahaan. Oleh karena itu Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Akuntansi FE UM melaksanakan kegiatan seminar pengabdian masyarakat dengan tema “Transformasi Akuntansi Menuju Akuntansi Berkelanjutan: Tantangan Dan Strategi Bagi Calon Akuntan Universitas Negeri Malang”, Sabtu, (24/8/19). Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi FE UM dengan pemateri Dr. Erwin Saraswati., Ak., CPMA., CSRS., CA. dengan moderator Muhammad, S.E., M.SA., Ak., CSRS., CA.

Dalam pemaparannya Erwin yang merupakan seorang reviewer of social responsibility journal menyampaikan bahwa, akuntan professional secara langsung berkaitan untuk mendorong suistanable development pada tingkat corporate.

“Kontribusi akuntan untuk mencapai SDGs goals yang relevan adalah menjamin konsumsi dan pola produksi yang berkelanjutan, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, kerja sama untuk share knowledge, expertise and technology, serta meningkatkan capacity building untuk mendukung Negara berkembang,” kata dia.

Erwin yang juga anggota Ikatan Akuntan Indonesia ini menyampaikan bahwa sustainability atau keberlanjutan terdiri dari tiga dimensi yaitu ekonomi (profit), lingkungan (Environment) dan Sosial (People). Ditambahkannya, fokus akuntansi tidak hanya tertuju pada pengakuan, pengukuran, pencatatan, peringkasan, pelaporan, pengungkapan, akuntabilitas dan transparansi akuntansi maupun pada transaksi-transaksi atau informasi keuangan, akan tetapi sebagai akuntan juga harus memahami mengenai transaksi-transaksi atau peristiwa sosial (people) dan lingkungan (planet) yang mendasari informasi keuangan.

“Akuntan memiliki posisi strategis untuk mengakses dan memobilisasi informasi sekaligus perubahan dari praktek-praktek bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Namun jika akuntan tidak mampu mengemban tugas ini dengan baik, maka kredibilitas pengungkapannya akan menjadi suatu permasalahan baru,” tegasnya.

Seminar pengabdian masyarakat yang dihadiri oleh ketua Jurusan Akuntansi ini ternyata mendapat tanggapan yang positif dari mahasiswa. Menurut penuturan salah satu peserta acara pengabdian ini berjalan dengan lancar, banyak fasilitas yang didapatkan, mulai dari ilmu hingga fasilitas berupa seminar kit.

“Selain itu juga pengetahuan mengenai akuntansi berkelanjutan menjadi semakin bertambah, memotivasi untuk bisa menjadi akuntan yang perduli dengan lingkungan,” katanya.  (oci/red)

Sumber dari: http://www.malang-post.com/berita/detail/akuntan-berkontribusi-sukseskan-sdgs

Leave a Reply