Pendaftaran Ditutup, Bacarek UM Bakal Bertambah

Published on Friday, 10 August 2018 01:05

MALANG – Jumlah bakal calon rektor (bacarek) Universitas Negeri Malang (UM) periode 2018-2022 bakal bertambah di hari terakhir pendaftaran, Jumat (10/8). Tiga di antaranya, termasuk petahana Prof Dr AH Rofiudin MPd berasal dari Fakultas Sastra UM.

Semula hanya terdapat empat bacarek yang mencuat. Mereka masing-masing Dr Isnandar MT dan Dr Edi Sutaji MPd dari Fakultas Teknik,  Prof Dr Daud MPd  dan Prof Dr AH Rofiudin MPd dari  Fakultas Sastra.

Kemarin muncul dua nama baru. Yakni Prof Nurul Murtadho dari Fakultas Sastra dan Dr I Wayan Dasna MSi, MEd  dari Fakultas MIPA. Prof Nurul Murtadho mengatakan akan menyerahkan berkas pendaftaran di sekretariat panitia pemilihan rektor (pilrek) jam 10.00 WIB, hari ini. Guru besar Sastra Arab ini berkomitmen untuk memajukan UM. Apalagi berkas pendaftarannya sudah lengkap.

“Saya berencana membawa UM setara dengan perguruan tinggi yang bertaraf internasional,” katanya singkat saat dihubungi Malang Post, tadi malam.

Nama lain yang muncul yakni Dr I Wayan Dasna, MSi, MEd. Hanya saja Wakil Rektor IV UM itu masih malu-malu. “Belum mendaftarkan diri, masih perlu merenung dan menunggu sampai batas akhir pendaftaran,” katanya diplomatis.

Sebelumnya santer beredar kabar Wayan bakal mendaftar pada hari terakhir pendaftaran. Sumber Malang Post di UM mengatakan, Wayan sudah melakukan tes kesehatan untuk melengkapi berkas pendaftaran. Dikonfirmasi soal hal ini, Wayan membantah. “Untuk kesehatan,” singkat pria berkacamata ini.

Sementara itu, Prof Dr AH Rofiudin MPd tak mempersoalkan bakal ditantang sejumlah rekan sejawatnya, termasuk dari Fakultas Sastra. “Semua peserta memiliki peluang yang sama,” ujar Rektor UM periode 2013-2018 ini kepada Malang Post.

Sebagai petahana, kata dia, tujuan mengikuti pilrek untuk melanjutkan pekerjaan yang belum selesai agar menjadikan UM sebagai kampus unggulan. Selain itu wujudkan UM sebagai  rujukan tingkat nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Prinsip dasarnya adalah semua memiliki kesempatan yang sama, termasuk yang berasal dari luar UM. Mudah-mudahan besok yang dari luar UM juga banyak yang mendaftar,” jelas Rofiudin yang rencananya lengkapi berkas pendaftaran hari ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilrek UM, Prof Dr Ibrahim Bafadal MPd menegaskan, meski dikabarkan ada dua orang yang mengambil formulir, namun belum dipastikan maju sebagai bakal calon rektor. Sebab, empat calon pendaftar sebelumnya baru dua orang yang sudah  melengkapi 17 persyaratan yang harus dipenuhi.

“Saya belum dihubungi oleh empat pendaftar apa mengalami kesulitan untuk memenuhi persyaratan, mungkin lancar-lancar saja,” terangnya.

Ibrahim menuturkan, semua bacarek akan diketahui jika sudah mengembalikan berkas selengkapnya hari ini. Setelah pendaftaran ditutup, proses berikutnya tahapan verifikasi pada 13 Agustus dan akan diumumkan 14 Agustus.

Pada 16 Agustus dilakukan pengundian nomor urut. Kemudian para calon akan memperebutkan suara senat UM dan Kemenristekdikti. Sesuai ketentuan pilrek, komposisi perolehan suara yang harus direbut terdiri dari 35 persen suara Kemenristekdikti dan 65 persen suara anggota senat yang berjumlah 60 orang. (ita/van)

Sumber dari: https://www.malang-post.com/pendidikan/pendaftaran-ditutup-bacarek-um-bakal-bertambah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *