Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah Hadiri Kegiatan PKKMB Universitas Negeri Malang

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Wakil Ketua MPR RI Dr Ahmad Basarah MH mengisi kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Universitas Negeri Malang (UM) hari pertama di Graha Cakrawala, Rabu (8/8/2018). Kegiatan ini akan dihelat selama tiga hari.

Ia membawakan tema “Bela Negara dan Penanggulangan Terorisme”. Di awal acara, ia mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru karena telah berhasil menjadi mahasiswa UM. Sebab mereka berhasil menyisihkan yang lainnya dalam seleksi. Sehingga angkatan 2018, UM hanya menerima 6701 mahasiswa.

“Nasib pemuda tergantung pada kreatifitasnya hari ini. Maka ke depan bisa menjadi apa saja,” ujar Basarah di acara itu. Karena itu ia mengambil kutipan bapak pendiri bangsa, Soekarno agar pemuda menggantungkan cita-cita setinggi langit.

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah Hadiri Kegiatan PKKMB Universitas Negeri Malang

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo.//Dr Ahmad Basarah MH saat di kegiatan PKKMB Universitas Negeri Malang (UM) hari pertama, Rabu (8/8/2018).

“Paling tidak dari angkatan ini siapa tahu nanti ada yang jadi Menristekdikti. Saat ini kan dari Universitas Diponegoro. Atau paling tidak jadi rektor UM,” kata dia.

Mahasiswa kemudian menjawab amin bersamaan. Ia mencontohkan dirinya bercita-cita jadi presiden meski saat ini masih jadi Wakil Ketua MPR RI.

Kepada mahasiswa, ia juga mengingatkan tentang Pancasila, dasar negara yang tak bisa ditawar-tawar. “No way untuk idealisme ini. Sifatnya final dan non negotiable,” tandasnya. Begitu juga dengan UUD 1945 dan NKRI.

“Hal itu juga untuk Bhineka Tunggal Ika. Itu sudah sistem sosial dan budaya. Karena Tuhan telah menakdirkan Indonesia dengan beragam budaya, suku bangsa dan agama,” jabarnya. Ia mencontohkan di Jawa Timur saja sudah beragam bahasa dan etnisnya.

Karena itu, mahasiswa UM dari berbagai daerah. Sebab prinsip negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Sementara itu Wakil Rektor III UM, Prof Dr Syamsul Hadi MPd menyatakan PKKMB menekankan pada pengenalan kampus UM dan membangun semangat kebangsaan dan bela negara.

“Sampai yel-yelnya dibuat khusus yaitu “Berjiwa Pancasila, Mengabdi Untuk Negara,” kata Syamsul.

Karena itu di lokasi acara juga bernuansa merah putih dipadu dengan latar belakang warna biru terang sesuai dengan jas almamater UM yang jadi latar belakang panggung acara.

Para maba dikelompokkan dengan nama-nama provinsi di Indonesia agar merasakan kebangsaan. Mereka dicampur antar fakultas agar saling mengenal. Ini sudah dilakukan UM sejak tiga tahun lalu. Tujuannya agar mendapat teman pertama justru bukan dari program studi (prodi) nya. Namun dari luar prodi.

Maba juga dikenalkan pada para Duta Kampus UM di panggung agar bisa dikenali kegiatannya oleh mereka. Sementara Rektor UM, Prof Dr Rofiuddin MPd mengharapkan mahasiswa baru ini kelak bisa lulus tepat waktu. Ia juga mengajak maba berorganisasi namun tidak lalai pada kewajiban menuntaskan pendidikan di kampus.

Sumber dari: http://suryamalang.tribunnews.com/2018/08/08/wakil-ketua-mpr-ahmad-basarah-hadiri-kegiatan-pkkmb-universitas-negeri-malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *