Ribuan Mahasiswa UM Hari Pertama PKKMB

MALANGVOICE – Rabu (8/8), ribuan mahasiswa baru (maba) Universitas Negeri Malang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Graha Cakrawala UM. Total mahasiswa baru tahun ajaran 2018-2019 sebanyak 6.701 orang.

Mahasiswa berseragam lengkap warna putih dan beralmamater biru itu terlihat sudah memadati Gracak sejak pulul 6.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan dan pemberian materi-materi kemahasiswaan dan pengetahuan kehidupan kampus.

“Kita penekanannya di samping kenal kampus UM juga membangun semangat kebangsaan dan bela negara. ‘Berjiwa Pancasila Mengabdi untuk Negeri’ yang kita canangkan. Ruangan pun kami dekorasi sedemikian bernuansa merah putih. Menjaga ketahanan diri dari radikalisme,” kata Wakil Rektor III, Syamsul Hadi, saat ditemui wartawan.

Dia menambahkan, membangun rasa kesatuan juga ditumbuhkan dari nama pengelompokan dalam PKKMB. Semisal grup Kalimantan, grup Papua dan sebagainya.

Pelaksanaan PKKMB Hari pertama di Gracak UM. (anja a)

“Jadi darimanapun asal mereka, dipanggilnya, ya nama grup mereka. Hei kamu Papua,” kata Syamsul mencontohkan.

Keikutsertaan PKKMB sangat penting mengingat sertifikat PKKMB dijadikan salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa di UM.

Pihak UM memastikan tidak akan ada aksi kekerasan atau perpeloncoan. Lebih lanjut, PKKMB UM akan dilaksanakan selama 5 hari. Tiga hari pertama adalah PKKMB Universitas selanjutnya 2 hari PKKMB Fakultas masing-masing.

Pembukaan PKKM ditandai dengan pemakaian almamater berwarna biru. Menandakan maba tersebut resmi sebagai Mahasiswa UM.(Der/Ulm)

Sumber dari: https://malangvoice.com/ribuan-mahasiswa-um-hari-pertama-pkkmb/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *