UM Andalkan Penelitian Kesehatan

UM Andalkan Penelitian Kesehatan

Published on Wednesday, 18 July 2018 20:41

MALANG – UM menjadi house monev eksternal jelang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Sebanyak 14 PTN yang terdiri dari 144 tim  mengikuti monev yang berlangsung selama tiga hari, sejak kemarin.

Selain jadi tuan rumah, UM sekaligus menjadi PTN dengan jumlah terbanyak yang pesertanya lolos yakni 84 tim program kreativitas mahasiswa (PKM). Tim tersebut didominasi dari mahasiswa FMIPA dan Teknik.

Ketua Pelaksana Monev Eksternal UM, Dr Heni Kusdianti SPd MM mengaku, dengan jumlah tersebut UM benar-benar mempersiapkan pendampingan yang optimal agar peserta lolos PIMNAS lebih banyak. Dengan 84 karya yang lolos tersebut, UM berpeluang lolos PIMNAS dengan 21 tim. Nantinya, awal Agustus akan diumumkan peserta yang lolos dan dapat mengikuti seleksi PIMNAS di Universitas Negeri Yogyakarta.\

“Jika bicara topik memang unggulan pemenang PIMNAS setiap tahun membahas tentang kesehatan yang terus menjadi tren, namun tahun ini juga dikemas lebih variatif dan inovatif. Sementara peserta UM, memiliki karakteristik yang unik bisa menembus topik kesehatan dengan pola PKM pengabdian, karsa cipta dan kewirausahaan,” tutur Heni.

Sementara itu, Juri Poster pada monev eksternal PKM, Pujianto menambahkan, peserta PKM kerap kali melakukan kesalahan dalam pembuatan poster berupa alur keterbacaan dan daya tarik poster. Mengacu pada aturan Dikti, ukuran posterpun tak boleh dianggap remeh dengan substasi penilaian yakni 40% kreativitas dan kemanfaatan, 35% kejelasan informasi, dan 25% lengkap penyajian data dan memberi daya tarik.

“Tak perlu rumit, poster PKM cukup sederrhana tapi menarik. Selain itu harus mampu mengunggulkan gambar atau judul, sehingga audien nyaman membaca. Kebetulan tahun ini, PTS juga ikut  dinilai, sehingga memacu peserta lebih kompetitif,” imbuh dosen pengajar DKV UM ini. (ita/oci)

Sumber dari: https://malang-post.com/pendidikan/um-andalkan-penelitian-kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *