“Griya Dewi Andini”, Ruang Edukatif Untuk Mencegah Pernikahan Dini

Untuk menekan angka pernikahan dini, Mahasiswa UM membuat “Griya Dewi Andini”

MALANGTODAY.NET – Kasus pernikahan dini masih menjadi masalah sosial yang harus dibenahi bersama. Menurut data UNICEF dan Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 1.000 anak perempuan menikah setiap harinya.

Pernikahan dini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Malang. Tercatat dari data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malang pada tahun 2017, ada 4.272 kasus pernikahan dini yang terjadi di Kabupaten Malang.

Dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, Wajak merupakan daerah dengan angka pernikahan dini tertinggi di Kabupaten Malang.

Griya Dewi Andini, Solusi Cerdas Untuk Mencegah Pernikahan Dini

Tim Griya Dewi Andini (istimewa)

Tingginya kasus pernikahan dini yang terjadi di Desa Wajak membuat Riris Arintya, Daniati Rohmah, Rosilatus Sa’dila, Ahmad Padhlillah, dan Melly Maulidah Fitriani mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) mencoba memberikan solusi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Di bawah bimbingan Dr. Hj. Muslihati, S.Ag., M.Pd. membuat program “Griya Dewi Andini”

Menurut Riris selaku Ketua Tim, program “Griya Dewi Andini” merupakan ruang yang memberikan edukasi empatik wahana informasi anti pernikahan dini dengan model bimbingan terpadu bagi para remaja di Desa Wajak Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.

Tim Griya Dewi Andini yang memberikan sosialisasi di Desa Wajak (istimewa)

Kegiatan yang dimulai sejak bulan April 2018 menggunakan metode ekspositori, video edukasi, permainan, demonstrasi, serta pemberian tugas dan mendapat kesan positif baik dari perangkat Desa Wajak maupun remaja yang mengikuti kegiatan ini.

“Program yang sangat bermanfaat, karena dengan ini kita mengetahui dampak dan bahaya dari pernikahan dini. Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sampai disini, saya menyarankan kakak – kakak dari UM membuat MoU dengan pemerintah Desa Wajak untuk keberlanjutan kegiatan ini” ungkap Fahri, salah satu remaja Desa Wajak.

TIM Griya Dewi Andini juga membuat buku panduan yang berisi petunjuk teknis pelaksanaan program pelatihan “Griya Dewi Andini”. Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga membentuk kader – kader remaja penerus “Griya Dewi Andini” sehingga ke depannya dapat mencegah dan mereduksi tingginya angka pernikahan dini di Desa Wajak.

Penulis       : Tim Griya Dewi Andini
Editor        : Dian Tri Lestari

Sumber dari: https://malangtoday.net/malang-raya/pendidikan/griya-dewi-andini-ruang-untuk-mencegah-pernikahan-dini/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *