Batik Lintas Tema Syarat Kelulusan

Download  Jawa Pos Radar Malang 25 Mei 2018

MALANG KOTA-Batik dengan aneka macam gaya itu dipamerkan dengan indahnya di Sarinah Mall Malang. Ada yang bermotif candi, bunga-bunga, hingga penggambaran hubungan seorang ibu dan anak Dalam pameran batik yang berakhir Rabu malam itu (23/5), batik-batik yang dipamerkan merupakan karya mahasiswa semester akhir Prodi Sera Rupa Jurusan Sera Dcsain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) sebagai syarat kelulusan.

Batik Lintas Tema Syarat Kelulusan, Jawa Pos Radar Malang 25 Mei 2018

Batik Lintas Tema Syarat Kelulusan, Jawa Pos Radar Malang 25 Mei 2018

Dana Nila Reza, salah seorang mahasiswi yang menggelar pameran, mengatakan bahwa dirinya membuat batik setelah melakukan observasi di Candi Kidal. “Saya observasi di sana dan wawancara juru kunci,” katanya.

Ada dua jenis batik yang dia pamerkan, yakni batik lukis dan batik sandang. Untuk batik sandang, ada pakem-pakem tertentu yang digunakan. “Misalnya, gambar-gambar yang dibuat barns pas dengan posisi batik ketika didesain jadi baju,” imbuhnya.

Sementara itu, mahasiswi lain, Putri Nur llhami, membuat batik yang bertema tentang hubungan seorang ibu dan anak. “Saya buat karakter lukisan dengan segi sikap seorang ibu, yakni ibu yang mendoakan anaknya agar sukses, ibu yang senantiasa menggendong anaknya, dan lain-lain,” pungkasnya. (mon/cl /riq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *