Berkat Media Pembelajaran Berlalu Lintas, Mahasiswa Universitas Negeri Malang Raih Juara

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Tiga mahasiswa prodi Teknologi Pendididikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) meraih juara di Indonesia Student Researcher Festival (ISRF) 2018 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Lomba digelar mulai 14-18 Februari 2018.

“Alhamdullilah menang. Persaingannya ketat sekali antar perguruan tinggi,” jelas Anggita Putri Ningrum kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (18/2/2018). Ini adalah kompetisi karya tulis ilmiah nasional. Penyelenggaranya adalah Lembaga Pengkajian dan Penalaran Intelektual Mahasiswa (LEPPIM).

Menurut Anggita, timnya ada tiga orang. Yaitu dirinya, Anton Agus Setiawan dan Akhmad Faiq Abdullah. Karya tulisnya adalah Smart Traffic Sign Games, Inovasi Game Pembelajaran Lalu Lintas Berbasis Augmented Reality and Interactive Surface.

“Ini media pembelajaran buat siswa belajar berlalu lintas,” jelas Anggita.

Sehingga guru tidak perlu membawa siswanya ke taman lalu lintas. Namun dengan belajar di kelas, maka bisa dilakukan.

“Dengan bentuk games, anak-anak lebih suka. Hasil observasi di SDN Polehan 3 Kota Malang saat ujicoba lalu, 90 persen anak-anak bisa menerima dan antusias,” papar mahasiswa berhijab ini.

Lama pembuatannya sekitar tiga bulan termasuk untuk coding. Secara digital, anak-anak bisa belajar larangan rambu, rambu perintah dll. Setelah menang di lomba, ia dkk akan mengurus hak paten karya mahasiswa.

“Sasaran media pembelajaran ini adalah siswa SD kelas 4. Sebab sesuai kurikulum 2013, siswa kelas 4 ada pembelajaran lalu lintas,” kata dia.

“Jika sekolah-sekolah ingin memakai media pembelajaran ini, bisa memakai inovasi ini karena memudahkan siswa memahami peraturan lalu lintas,” pungkasnya.

Proses seleksi awal lomba ini dengan mengirim abstrak. Ada sebanyak 541 peserta. Kemudian diseleksi lagi menjadi 150 an. Kemudian untuk full paper diseleksi lagi dan akhirnya dipilih 15 besar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Sumber:http://suryamalang.tribunnews.com/2018/02/18/berkat-media-pembelajaran-berlalu-lintas-mahasiswa-universitas-negeri-malang-raih-juara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *