Penting! Pendaftaran SNMPTN Dimulai, Ini Imbauan Untuk Guru BK

MALANGVOICE – Tahap awal proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) adalah pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Tahapan ini sudah dibuka sejak 13 Januari 2018. Dalam tahap ini guru Bimbingan Konseling (BK) punya peranan penting.

Panitia SNMPTN UM. (Anja a)

Panitia SNMPTN UM. (Anja a)

Ketua Panitia SNMPTN Universitas Negeri Malang, Dr Joko Sayono, mengimbau agar guru BK di sekolah melakukan pendampingan penuh pada siswa selama proses pendaftaran.

“Ini untuk menghindari kesalahan input data. Kalau salah input bisa fatal,” kata Joko.

Apalagi, lanjut dia, soal pemilihan jurusan tidak bisa dianggap sepele. Guru BK harus membimbing siswa memilih jurusan sesuai dengan kemampuan.

“Yang jurusan IPA di sekolah, ya kuliahnya pilih jurusan linier. Jangan tiba-tiba milih jurusan sosial. Nah, guru BK bisa mengadakan tes kemampuan atau tes psikologi untuk pertimbangan pemilihan jurusan,” kata dia.

Pemilihan jurusan yang tepat juga sebagai upaya menghindari adanya siswa yang lolos SNMPTN namun tidak melakukan daftar ulang karena merasa jurusan tersebut tidak sesuai keinginannya. Pasalnya, jika siswa lolos SNMPTN tidak melakukan daftar ulang, maka di tahun selanjutnya sekolah yang bersangkutan akan masuk dalam daftar yang kurang dipertimbangkan oleh PTN yang ditolak.

“Guru BK juga harapannya bisa menjembatani keinginan orangtua dan kemampuan murid. Jangan sampai siswa memilih jurusan karena ego dari orangtua semata. Ini juga bisa membahayakan,” tandas dia. (Der/Ery)

Sumber dari: https://malangvoice.com/penting-pendaftaran-snmptn-dimulai-ini-imbauan-untuk-guru-bk/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *