Bahas Pilkada Sejuk, Rektor se-Jatim Kumpul di Surabaya

Sabtu, 06 Januari 2018 – 19:32

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rektor perguruan tinggi di Jawa Timur berkumpul di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya untuk menyikapi situasi sosial politik jelang Pilkada Serentak di Jawa Timur.

“Ini adalah bentuk kepedulian dari pimpinan perguruan tinggi di Jatim untuk terus menerus mengawal, merawat kesejukan yang ada di Jatim. Jangan sampai yang sudah sejuk, sudah nyaman gara-gara ada pilkada saling tuding menuding, menjelekkan, akhirnya konflik di antara kita sendiri,” kata Penasihat Peguyuban Rektor Jatim, Prof Mohammad Nuh di Surabaya, Sabtu (6/1/2018).

Menurut dia, seluruh rektor sepakat bahwa Pilkada di Jatim jangan sampai membuat Jatim yang dulunya sejuk dan damai jadi berubah karena potensi untuk terjadi konflik akibat Pilkada sangat tinggi.

Bahas Pilkada Sejuk, Rektor se-Jatim Kumpul di Surabaya

Mohammad Nuh (FOTO: Republika) Penasihat Peguyuban Rektor Jatim, Prof

“Kita ingin melakukan edukasi politik bahwa perbedaan harus dihargai. Mau pilih A, monggo. Mau pilih B, monggo. Yang penting punya alasan,” katanya.

Dia mengungkapkan, dari pertemuan tersebut, para Rektor ingin membantu proses pendewasaan dalam berpolitik. Ikatan emosional harus juga diimbangi dengan landasan pikir yang rasional.

“Pimpinan perguruan tinggi menginginkan di samping proses elektoral nyaman, sejuk, tapi ada dinamika. Pascapemilihan juga akan dikawal dengan cara memberikan pandangan-pandangan, program apa saja yang harus dijadikan kebijakan di Jatim untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Rektor Universitas Jember Drs Moh Hasan; Rektor Universitas Brawijaya Malang Prof Mohammad Bisri; Rektor ITS Prof Joni Hermana; Rektor Uinsa Prof Abd A’la; Rektor Unesa Prof Warsono; Rektor Unair Prof Mohammad Nasih; dan Rektor Universitas Negeri Malang Prof Budi Soetjipto.

Tampak hadir juga Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Abdul Haris; Rektor Universitas Trunojoyo Madura Dr EC Muhammad Syarif; Rektor UPN Prof Teguh Soedarto; Rektor Unusa Prof Achmad Jazidie; dan Rektor Universitas Darul Ulum Jombang Dr Mujib Musta’in. (*)

Sumber dari: https://www.timesindonesia.co.id/read/165134/20180106/193250/bahas-pilkada-sejuk-rektor-sejatim-kumpul-di-surabaya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *