Eksplorasi Bimbingan Karir, Sabet Pemakalah Terbaik

Jawa Pos Radar Malang 10 Januari 2018

SINTHIAN Susan MPd, salah satu guru Bimbingan Konseling (BK) SMPN 4 Kota Malang, menunjukkan inovasinya untuk mengeksplorasi bimbingan karir bagi siswa. Berkat inovasinya, yakni aplikasi Screen (self and career knowledge), dia berhasil menyabet predikat pemakalah terbaik dari 232 guru dalam Seminar Nasional Guru Berprestasi, 7-10 November 2017 lalu, di Jakarta.

Susan mengungkapkan saat ini bimbingan karir bagi siswa SMP sangat dibutuhkan, mengingat    penjurusan dijenjang SMA telah dimulai sejak kelas X.

Eksplorasi Bimbingan Karir, Sabet Pemakalah Terbaik, Surya 10 Januari 2018

Eksplorasi Bimbingan Karir, Sabet Pemakalah Terbaik, Jawa Pos Radar Malang 10 Januari 2018

Sehingga, persiapan untuk memilih jurusan sesuai minat dan bakat siswa harus dilakukan sejak jenjang SMP. Oleh karena itu, media Screen akan mempermudah siswa dalam bimbingan karir. “Jadi, sejak kelas VII, siswa akan mengetahui bakat dan minatnya melalui aplikasi media Screen ini,” jelas perempuan asal Mojokerto tersebut.

Alumnus Pascasarjana Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (UM)

tersebut menjelaskan, jika aplikasi di klik oleh siswa, akan muncul hasil bakat dan minat yang dimiliki. Termasuk, profesi apa yang cocok sesuai dengan bakat dan minatnya. (bin/cl/lid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *