Siapa Bilang Kuliah Sastra Indonesia Itu Membosankan? Yuk, Simak Curhatan Mahasiswi UM Ini!

Hal ini dibantah oleh Diajeng Widya, mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (UM). Menurutnya, kuliah di Sastra Indonesia adalah hal yang mengasyikkan.

“Iya, kita bisa mempelajari banyak hal yang seputar nilai sastra Indonesia. Sastra Indonesia itu kaya lho! Makanya itu perlu adanya generasi muda yang melestarikan sastra. Caranya gimana? Ya tentunya dengan mempelajarinya,” ujar Ajeng, panggilan akrabnya.

Bagi Ajeng, sastra merupakan saluran menyampaikan pendapat dengan cara yang estetis. Dan ia mengatakan bahwa ia menikmati sekali kuliah di Sastra Indonesia. “Iya, Alhamdulillah enjoy sekali!” tukasnya

Berawal dari Paksaan, Kuliah Sastra Indonesia Perlahan Buat Ajeng Nyaman

Berdasarkan pengakuannya, Ajeng bercerita bahwa awalnya ia merasa sedikit terpaksa karena harus berkuliah di bidang yang sama sekali tidak dipahaminya waktu itu.

“Dulu pas awal-awal banyak dukanya. Karena nggak paham sama mata kuliahnya,” tutur Ajeng mengisahkan.

Namun ia tidak ingin menyerah begitu saja. Ia kemudian mencoba untuk terlibat dengan kegiatan-kegiatan kampus yang berhubungan dengan sastra dan kesenian untuk mencoba betah.

“Selain kuliah saya juga beberapa kali ikut pentas teater di jurusan saya, nah itulah salah satu yg membuat saya banyak mendapat pengalaman dan tantangan baru. Kemudian saya juga bergabung dengan salah satu band indie yg sebelumnya memang sudah terbentuk, ikut kepanitian HMJ, dan lain sebagainya,” kisah mojang asal Bandung ini.

Perlahan tapi pasti, Ajeng kemudian menemukan kesenangan kuliah Sastra Indonesia. Hal ini didapatinya ketika perkuliahan memasuki semester ketiga.

“Tapi seiring dengan berjalannya waktu, semua itu bisa terlewati. Saya mulai bisa menikmati semuanya mulai dari mata kuliahnya, dosen-dosennya, dan ternyata teman-teman yang saya anggap individualis pas di kelas itu berubah jadi humble,” aku Ajeng senang.

Bagi Ajeng, sastra Indonesia menyimpan nilai plus yang bisa menjaga keutuhan sastra Indonesia. “Saya bisa mempelajari berbagai jenis karya sastra di Indonesia dan bahasa Indonesia secara detail. Itu penting,” tutup Ajeng. (sig)

Sumber dari: https://infokampus.news/kuliah-sastra-indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *