Keren! Hand Generator Sederhana Antar Dosen FMIPA UM Ini Dapat Perak di Korea

hand generator

BERITA KAMPUS UM January 7, 2018

Infokampus.news, Malang – Untuk menjadi unggul tidak harus mahal, hand generator bikinan dosen FMIPA UM ini contohnya mampu memenangkan kontes internasional yang digelar di Korea Selatan 28-30 Juli 2017 lalu. Hand generator sederhana yang Drs. Winarto M.Pd., rancang ini memiliki fungsi utama untuk mendapatkan energi listrik dengan cara sederhana dan juga bisa disimpan di dalam baterai (aki).

“Sekali putaran bisa menghasilkan daya 12 volt,”

Sistem kerja dari alat buatannya ini merupakan prototype sederhana dari generator, yang lalu ia modifikasi agar bisa digunakan dengan tangan.

“Pakai barang-barang yang murah saja ini roda untuk memutar ini dari sisa alat penyerut es, lalu tabung untuk wadah magnet ini dari jeriken, magnetnya juga dari bekas sound.” jelasnya pada wartawan.

Cara menghasilkan daya dari prototype ini adalah dengan memasang tali pada roda putar yang telah dikaitkan dengan beberapa elemen lain. Saat diputar, akan ada energi listrik yang masuk ke dalam aki dan ditampung disana.

“Rata-rata 12 volt itu standar aki bisa untuk menghidupkan kulkas, lampu, komputer, banyak ya.” imbuhnya.

Hand Generator Bawa Ia Raih Medali Perak di Korea

Ia bercerita awalnya tidak yakin akan mendapat pernghargaan saat maju ke World Invention Creativity Contest yang digelar Juli lalu di Korea Selatan.

“Karena kan ini sangat sederhana ya saya kira mana mungkin mereka mau, teknologi mereka sedemikian rupa,” ungkapnya.

Namun ternyata prototype miliknya mampu menyaingi peserta lain yang berasal dari 23 negara di seluruh dunia, seperti UK, Swiss dan banyak lagi lainnya.

“Ada kebanggan gitu ya, sesederhana apapun yang dilakukan itu harus disyukuri gitu. Ini namanya perkembangan jangan suka sedikit-sedikit bilang ah gampang bisa beli itu, ini yang nanti matikan kreativitas.” Ungkapnya. (Pus)

Sumber dari: https://infokampus.news/hand-generator-sederhana/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *