Kasetsart University Jalin Kerja Sama dengan UM


MALANG – Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (FS UM) menjadi pilihan studi bahasa dan budaya Indonesia bagi mahasiswa Thailand. Melalui program Study Abroad, secara rutin akan ada mahasiswa dari Kasetsart University Thailand yang belajar di UM.
Direktur BIPA UM Dr. Gatut Susanto, M.M.,M.Pd mengatakan, Program Study Abroad dari Kasetsart University Thailand bertujuan untuk untuk mengajarkan mahasiswa asing, khususnya Tahiland dalam belajar bahasa dan budaya Indonesia. Di mana Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapat tawaran program tersebut selain China, Vietnam dan negara Asia lainnya.
Hal tersebut merupakan bagian dari mata kuliah  Indonesian languages culture yang dalam penerapannya dihargai setara dengan tiga SKS yang mengajarkan percepatan bahasa dan didesain oleh Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Universitas Negeri Malang.
“Untuk Indonesia, salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang bekerja sama adalah Universitas Negeri Malang dan dibawa ke Fakultas Sastra. Dengan program yang telah berjalan mulai 10-30 Desember 2017 dari 12 mahasiswa Kasetsart University Thailand yang terdiri dari 11 perempuan dan satu laki-laki,” ujar Gatut kepada Malang Post.
Untuk tahap awal, lanjutnya, sebanyak 12 mahasiswa dari Kasetsart University Thailand dikatakan Gatut telah merampungkan program study di UM selama 3 minggu. Dengan waktu yang dikatakannya terlalu singkat tersebut mereka belajar tentang bahasa, budaya dan kesenian Indonesia.
“Karena singkatnya waktu, agar maksimal program belajar percepatan bahasa di desain oleh BIPA UM dengan proses belajar kelas intensif dan setiap mahasiswa asing didampingi oleh tutor,” terangnya.

Lebih lajut diuraikan Gatut, dalam proses belajar di dalam kelas dilaksanakan hari Senin hingga Jumat dengan lama pembelajaran lima jam perhari.

Selain itu mahasiswa yang mengikuti program tersebut juga diberikan praktik di luar kelas didampingi tutor setiap hari. Hal itu ditujukan agar dengan waktu yang sangat singkat tersebut mereka bisa mengenal bahasa, budaya hingga kesenian. Sehingga secara tidak langsung proses belajar di dalam dan di luar kelas akan berlangsung atraktif dan komunikatif.
Dengan terselenggaranya program ini, Gatut berharap output yang bisa dirasakan universitas maupun mahasiswa akan menambah jejaring di tingkat internasional.
“Di luar hal tersebut, program ini merupakan tantangan kita dalam arus masyarakat ekonomi asean (MEA). Untuk selanjutnya, kita juga akan mengirim mahasiswa UM yang memilih paket BIPA untuk praktek mengajar ke Thailand,” beber Gatut.Sementara itu, pada 28 Desember lalu, digelar penutupan Program Study Abroad dari Kasetsart University Thailand. Acara digelar di Aula AVA, Gedung E6 lantai 2 UM Fakultas Sastra. Sebanyak 12 mahasiswa asal Thailand memberikan pertunjukan seni gamelan. Selain itu turut hadir Dekan Fakultas Sastra, Prof. Utami Widiati, M.A.,Ph.D, Direktur Hubungan Internasional, Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A. dan Direktur BIPA UM, Dr. Gatut Susanto, M.M.,M.Pd. (eri/oci)

Sumber dari: https://www.malang-post.com/pendidikan/kasetsart-university-jalin-kerja-sama-dengan-um

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *