UM Raih Peringkat IV Dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik

Wakil rektor saat serah terima sertifikat. (Istimewa)

MALANGVOICE – Universitas Negeri Malang (UM) berhasil meraih peringkat ke IV kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2017, di Istana Wakil Presiden, Kamis (20/12).

Tahun 2016 lalu, UM menduduki peringkat ke VII. Berkat kerja keras semua pihak dan dukungan penuh dari pimpinan, UM berhasil naik tiga tingkat. UM berhasil bertengger diperingkat IV dengan nilai 78,25 (cukup informatif).

Ketua KIP, Tulus Subarjono saat mengumumkan hasil pemeringkatan menyampaikan terima kasih kepada Jusuf Kalla, yang berkenan kembali menyerahkan secara langsung penganugerahan KIP kepada badan publik yang menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan keterbukaan informasi di badan publiknya.

“Untuk menjamin adanya standar layanan informasi demi terlaksananya keterbukaan informasi publik di indonesia maka komisi informasi baik dipusat dan provinsi setiap tahunnya melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan peraturan komisi informasi no 1 tahun 2010,” kata dia.

Menurut Jusuf Kalla, keterbukaan informasi di era digital menjadi sangat penting agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi menyebarluaskan informasi yang positif dan menangkal berita bohong.

“Sedikit saja informasi salah akan menjadi masalah besar yang berkelanjutan. Saya menyampaikan apresiasi sedalam-dalamnya kepada badan publik yang telah menunjukkan prestasinya dan membuktikan diri menjadi institusi yang informatif dalam keterbukaan informasi,” pungkasnya.

Adapun hasil pemeringkatan KIP tahun 2017 kategori PTN adalah sebagai berikut. Peringkat 1 diraih oleh Universitas Brawijaya, peringkat 2 diraih Universitas Indonesia, peringkat 3 diraih Institut Pertanian Bogor, peringkat 4 diraih Universitas Negeri Malang, peringkat 5 diraih Universitas Padjajaran, peringkat 6 diraih Universitas Gajah Maxa, peringkat 7 diraih Universitas Lambung Mangkurat, peringkat 8 diraih Universitas Negeri Yogjayakarta, peringkat 9 diraih Institut Teknik Bandung, dan peringkat 10 diraih Universitas Sriwijaya.(Der/Yei)

Sumber dari: https://malangvoice.com/um-raih-peringkat-iv-dalam-pemeringkatan-keterbukaan-informasi-publik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *