Wow! Mahasiswa UM Luncurkan Sepuluh Buku Sekaligus

Wow! Mahasiswa UM Luncurkan Sepuluh Buku Sekaligus

Penulis dan narasumber menjelaskan masing-masing karya di Kafe Pustaka Rabu (13/12/2017) (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (UM) meluncurkan sepuluh buku baru sekaligus. Peluncuran tersebut dihibur dengan penampilan musikalisasi dan pembacaan puisi dari salah satu penulis buku antologi.

Peluncuran buku tersebut dihelat Rabu (13/12/2017), di Kafe Pustaka, berlangsung sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, di kampus setempat. Hadir dalam peluncuran buku tersebut para mahasiswa Sastra Indonesia UM.

Dari sepuluh buku yang diluncurkan, ada tiga buku puisi, cerpen, dan naskah lakon. para penulis buku juga hadir dalam peluncuran tersebut. Selain itu juga hadir guru besar Sastra Indonesia UM, Prof Dr Djoko Saryono.

Kehadiran Prof Dr Djoko Saryono oleh panitia dikenalkan aneka buku terbaru seperti himpunan puisi berjudul “Tafsir Kentir Leo Kristi”.

UM.jpg

Menghibur acara tersebut yang juga sebagai tamu istimewa adalah personil Band Tanimaju asli Malang.

Dalam peluncuran buku tersebut hadir sebagai narasumber untuk membedah beberapa buku adalah Muhammad Zaeni, S.S., M. Pd, yang menulis kumpulan puisi dan naskah lakon.

Dalam bedah buku itu, dosen yang populer disapa Leo itu menyampaikan, bahwa karya sastra merupakan karya humaniora. Karya sastra merupakan objek manusia, faktor kemanusiaan atau fakta kultural.

UM-2.jpg

“Sebab merupakan hasil ciptaan manusia. Fakta sastra merupakan fakta budaya. Pengalaman pribadi di dalam sastra dapat dikatakan benar sebagai dasar yang nyata. Begitu pula ketika cerita yang ditulis harus ditampilkan melalui tokoh-tokoh yang muncul dalam cerita tersebut, baik tokoh laki-lakinya ataupun tokoh perempuan,” beber pria yang murah senyum itu.

Sumber dari: https://www.timesindonesia.co.id/read/163533/20171214/200912/wow-mahasiswa-um-luncurkan-sepuluh-buku-sekaligus/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *