UKP-PIP Ajak Perguruan Tinggi Pajang Informasi Dosen dan Mahasiswa Berprestasi di Wilayah Kampus

UKP-PIP Ajak Perguruan Tinggi Pajang Informasi Dosen dan Mahasiswa Berprestasi di Wilayah Kampus

SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah. Deputi Advokasi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Prof Dr Hariyono MPd (kiri) dalam kuliah tamu bertema Pancasila dan Pembentukan Karakter Bangsa di Universitas Wisnuwardhana (Unidha) Malang, Senin (27/11/2017).

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG – Mengubah karakter bangsa memang bukanlah urusan mudah.

Deputi Advokasi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Prof Dr Hariyono MPd mengatakan hal itu bisa dimulai dengan mengubah mindset atau pola pikir masyarakat.

“Salah satunya mengubah mindset masyarakat yang seringkali lebih berorientasi pada orang yang bertindak negatif, bukan pada orang yang berprestasi. ”

“Buktinya adalah para koruptor jauh lebih terkenal daripada para inovator. Dampaknya Indonesia hanya dilihat sebagai bangsa korup,” tuturnya ketika berkunjung ke Universitas Wisnuwardhana Malang, Senin (27/11/2017).

Ia pun menyarankan pada perguruan tinggi untuk menyebarkan ide positif di wilayah kampus dengan mengapresiasi dosen dan mahasiswa yang berprestasi.

“Salah satu caranya adalah dengan memajang dosen dan mahasiswa yang berprestasi itu di wilayah kampus,” katanya.

Ia memisalkan, ketika memasuki kampus Unidha, ia sedikit menyayangkan tidak adanya spanduk dosen dan mahasiswa berprestasi.

Padahal sivitas akademika kampus tersebut telah mencetak beberapa prestasi nasional yang membanggakan

Rektor Unidha, Prof Dr Sukowiyono SH MHum mengatakan Unidha memang belum melakukan hal tersebut, namun spanduk untuk dosen dan mahasiswa berprestasi sudah dalam proses pembuatan.

“Itu juga untuk memotivasi mahasiswa lain dan menjadi penghargaan bagi yang berprestasi,” tutur ketua APTISI Jatim itu.

Suko menambahkan, kelemahan bangsa ini adalah sulit untuk mengakui dan menghargai prestasi orang lain.

“Ini sudah saatnya kita semu berubah untuk mengubah karakter dan memajukan bangsa,” tutupnya.

Sumber dari: http://suryamalang.tribunnews.com/2017/11/27/ukp-pip-ajak-perguruan-tinggi-pajang-informasi-dosen-dan-mahasiswa-berprestasi-di-wilayah-kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *