PELATIHAN Generasi Lintas Etnis Diajak Melek Literasi

PELATIHAN  Generasi Lintas Etnis  Diajak Melek Literasi

PELATIHAN Generasi Lintas Etnis Diajak Melek Literasi

Download Jawa Pos 27 Oktober 2017

MALANG KOTA – Jelang peringatan Had Sumpah

Pemuda kemarin (26/10), puluhan pemuda lintas agama dan etnis mengikuti pelatihan menulis di gedung Ngalup, Jalan Sudimoro. Banyak hal yang dibahas dalam pelatihan ini. Salah satunya tentang pentingnya literasi di tengah maraknya berita hoax (palsu) dan ujaran kebencian.
Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr Djoko Saryono MPd memaparkan, literasi merupakan kunci segala permasalahan. Menurut dia, makin melek literasi, orang akan makin gampang mencari solusi atas permasalahan hidupnya.

’’Seperti orang miskin yang tidak bisa beranjak menjadi kaya, salah satunya karena tidak literate atau tidak melek literasi. Karena itu, mentalitas miskin menjadi turun-temurun,” kata Joko.

“Tapi, terkadang ada orang miskin yang tetap literate. Semisal orang miskin, tapi tetap jujur,” imbuh pria yang juga staf ahli Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bidang pendidikan karakter itu.

Sementara itu, dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Nurudin yang juga menjadi narasumber yang mengupas tentang teknik menulis. Menurut dia, untuk menjadi penults, para pemuda hams gigih.

“Saya sering dicurhati penulis pemula yang kesusahan menembus koran. Menurut saya, itu belum apa-apa kalau belum ditolak lebih dari 20 kali. Karena saya pernah ditolak 20 kali berturut-turut oleh media,” kata dosen yang sudah menulis 17 judul buku ini. (riq/c3/dan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *