Genjot SDM Humas,UM Gandeng Malang Post

Genjot SDM Humas,UM Gandeng Malang Post, MalangPost 19 September 2017

Genjot SDM Humas,UM Gandeng Malang Post, MalangPost 19 September 2017

Download Malang Post 19 September 2017

MALANG – Sebanyak 30 orang humas unit kerja dan humas Universitas Negeri Malang {UM) kemarin (18/9) mengikuti workshop jurnalistik, marketing dan publik speaking di Aula lantai 2 gedung Perpusatakan. Hadir sebagai narasumber Pemimpin Redaksi Malang Post, Dewi Yuhana. Dalam kesempatan tersebut, Hana. sapaan akrabnya menyampaikan mated mengenai jurnalistik dan marketing.

“Sering kali, kami mendapatkan rilis namun tidak ada narasumber dan kutipan langsung, sehingga menyulitkan wartawan untuk mengubahnya. Padahal, membuat rilis itu paling mudah
karena hanya perlu mengganti kalimat narasumber dengan kata ganti orang ketiga,” ujarnya.

Menulis berita dengan cepat, lanjutnya, memang memerlukan banyak latihan.” Oleh karena itu, perlu didorong dengan target jumlah tulisan dan keraampuan, untuk mengalahkan kelemahan diri sendiri. Seseorang hams dituntut untuk memproduksi tulisan secara terus menerus.

Selain panduan menulis berita, Hana juga menegaskan kembali pentingnya publikasi. Terlebih dengan keberadaan’ sosial media sekarang ini, dapat menjadi cara tersendiri untuk mengenalkan kampus kepada masyarakat. “Manfaatkan kekuatan sosial media untuk promosi, bisa dengan hastag .atau dengan video berdurasi singkat,” imbuhnya.

Berlangsung sebanyak tiga kali selama-satu tahun dan dikemas dalam bentuk rapat kerja, kegiatan ini mempakan upaya UM untuk meningkatkan SDM kehumasan. Keberadaan Humas yang tidak hanya berpusat di universitas namun juga di unit kerja, lembaga dan fakultas, harusnya menjadi kekuatan untuk informasi dan promosi kampus.

“Kami bukan dari penulis handal, oleh karena itu kami datangkan narasumber yang telah expert di bidangnya. Kami berharap nantinya muncul keberanian untuk menulis,” ujar Kepala Bagian Kerjasama dan Humas UM. Dra. Aminarti S. Wahyuni.

Selama ini, mereka telah ditarget untuk menghasilkan satu berita dalam satu hari. Sehingga bila cara ini konsisten dilakukan, maka dalam satu hari akan terkumpul 19 berita.

“Humas di masing-masing unit kerja sebenamya telah terbentuk sejak Februari 2017, mengingat banyak sumber berita yang ada di tingkat unit kerja. Setelah kegiatan ini, harapannya kami jadi terbiasa untuk menulis berita dan membuat rilis,” imbuhnya. Selain penyajian materi, workshop juga diisi dengan tanya jawab dengan peserta. (ras/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *