Teliti Melinjo Sebagai Obat Asam Urat

Teliti Melinjo Sebagai Obat Asam Urat, Malang Post 11 September 2017

Teliti Melinjo Sebagai Obat Asam Urat, Malang Post 11 September 2017

Download Malang Post 11 September 2017

SEJAK 2011 lalu, Dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Prof. Dr, Subandi, M.Si meneliti manfaat melinjo. Tanaman ini banyak dihindari para penderita asam urat karena dipandang membahayakan kesehatan mereka. Namun, penelitian Subandi mengungkap fakta bahwa melinjo justru bisa menjadi obat asam urat. Dalam perkembangannya, tak hanya melinjo saja yang diteliti, saat ini, Subandi tengah meneliti kulit manggis, kulit kacang, dan kulit ari kacang yang ternyata juga punya efek sama.

“Setelah diteliti, kulit melinjo memiliki zat aktif yang lebih dominan,’’ ujarnya.

Penelitian tentang kulit melinjo yang digunakan untuk obat asam urat, saat ini sedang disempurnakan dengan meneliti kandungan zat aktif yang dominan. Melalui proses laboratorium, diketahui bahwa kulit melinjo memiliki dua zat aktif yakni kadar flavonoid dan Polifenol. Dua zat tersebutlah yang bisa mencegah asam urat dalam tubuh.

“Yang memicu asam urat adalah kulitnya.  Nah yang kita tidak tabu, selama ini yang justru bermanfaat untuk mengobati asam urat adalah kulitnya,” kata Subandi.

Sebelumnya, Subandi memang penasaran dengan kulit melinjo yang diduga mempunyai manfaat, Setelah ia lakukan uji laboratorium ilmiah, menunjukkan jika kulit melinjo mempunyai manfaat mengobati asam urat, ia pun mencoba mengujinya dengan ketiga bahan lainnya yang mempunyai manfaat sama.

la melanjutkan, untuk mendapatkan manfaat, kulit melinjo disektrak dengan direbus dengan air 10 derajat celcius. Ekstrak yang dihasilkan bisa langsung diminum oleh penderita asam urat.

Walaupun, lanjut dia, sudah ada penggunaan obat Allopurinol atau obat kimia lainnya untuk menghambat Xantin Oksidase-enzim pensintesis asam Urat, namun efeknya tidak permanen sehingga penggunaan secara jangka panjang di khawatirkan menganggu fungsi ginjal dan tubuh secara keseluruhan. Obat kulit melinjo ini bisa mengusir asam urat secara bertahap tanpa efek samping ginjal dan lainnya.

“Obat herbal ini memang tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Pemakaian berapapun kadamya,” katanya. (sin/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *