Kuliah Tata Boga Langsung Praktik Kelola Kafe Kampus, Jawa Pos Radar Malng 1 September 2017

Kuliah Tata Boga Langsung Praktik Kelola Kafe Kampus, Jawa Pos Radar Malng 1 September 2017

Kuliah Tata Boga Langsung Praktik Kelola Kafe Kampus, Jawa Pos Radar Malng 1 September 2017

Download Jawa Pos Radar Malng 1 September 2017

Kalau Rugi Gaji Karyawan Langsung Dipotong

Dova Brianda menikmati Nasi Goreng Kare di Cafe Warna yang terletak di dalam kampus Universitas Negeri Malang  (UM). Kamis  (31 /8). la merasa puas dengan rasa makanan dan pelayanan di kafe tersebut.

ENAK. harganya juga murah, pelayanannya juga Cepat dan ramah,” ujar mahasiswa Teknik Industri UM itu..

Kafe yang baru berumur empat hari itu berbeda dari yang lain karena dikelola oleh satu kelompok mahasiswa

Program Studi D3 Tata Boga UM. 15 Orang mahasiswa diberi kewenangan penuh untuk mengelola kale di tengah lingkungan Fakultas Teknik itu.

“Untuk praktik mahasiswa semester 5 diwajibkan memilih, yakni mengelola kafe atau katering. Dengan praktik ini kami belajar mengelola, memanajemen waktu, dan memasak dengan cepat, enak. dan konsisten.” ujar Manajer Cafe Wama, Ziadun Nahdea.

Mereka terbagi dalam beberapa wewenang. yaitu manajer, produksi, personalia. keuangan, dan pemasaran. “Goalnya kami harus mencapai laba tertentu di akhir semester. Kalau rugi. nantinya dipotong dari gaji karyawan.” terangnya.

Selain itu. mereka juga hams membayar scw.i lokasi kafe sebesar Rp 5 juta untuk satu semester dari hasil penjualan.

“Kami benar-benar belajar seperti mengelola bisnis kendiri, Setiap harinya ada evaluasi dari doscn dan di tengah semester nanti
ada evaluasi dari angket pengunjung.” katanya,

Zia mengaku memilih prodi Tata Boga unluk bersiap menemskan usaha kuliner keluarga di wilayah Tumpang, Kabupaten Malang. “Keluarga punya usaha sate dan kebetulan sayajuga hobi masak sejak dulu,” tuturnya.

Kafe dengan menu andalan nasi goreng dan makanan serla snack kesukaan anak kuliahan itu buka mulal pnkul 07.00-15.00 dengan harga berkisar Rp 5.000-Rp 15.000.

“Selama 4 hari ini lumayan ramai. tapi memang dua hari terakhir agak berkurang karena sebagian mahasiswa berpuasa sunnah. Tapi harapannya selama satu semester nanti bisa ramai terus. Kami juga akan berusaha menyajikan menu dengan rasa yang konsisten.” tutupnya. (neneng uswatunhasanah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *