MTO MAHASISWA Pecahkan Rekor Muri, Gelar Khataman Quran 7 Hari Nonstop

MTO MAHASISWA  Pecahkan Rekor Muri, Gelar  Khataman Quran 7 Hari Nonstop , Jawa Pos Radar Malang 27  Juli 2017

MTO MAHASISWA Pecahkan Rekor Muri, Gelar Khataman Quran 7 Hari Nonstop , Jawa Pos Radar Malang 27 Juli 2017

Download Jawa Pos Radar Malang 27 Juli 2017

MALANG KOTA – Ada yang menarik pada gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV tahun 2017. Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) selaku penyelenggara menargetkan bisa memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada kegiatan pendukung berupa khotmil quran selama 7 hari 7 malam tanpa henti mulai, 26 Juli hingga 2 Agustus.

Ketua Panitia Pcnyelenggara MTQMN XV Ahmad Muwafik Saleh menyatakan, khataman Alquranitu nantinya akan diikuti oleh 300 hafiz/ hafizah se-Malang Raya “Selain  itu, akan didukung oleh 2.100 masyarakat umum yang berasal dan pondok pesantren dan 17 sekolah,” jelasnya dalam konferensi pets di UB kemarin (26/7).

Khotmil quran tersebut, lanjut dia, terbagi menjadi dua. Pertama, bil ghoib, yakni pembacaan Alquran tanpa melihat mushafnya oleh 300 hafiz/hafizah. Kedua, bin nadhor atau membaca Alquran dengan melihat mushafnya yang diisi oleh masyarakat umum dan santri dari pondok pesantren.

Di akhir penutupan khotmil quran, panitia juga akan mengundang para hafiz/hafizah yang mengikuti kompetisi MTQMN XV untuk bergabung membaca Alquran bersama-sama. “Kami buka acaranya pada 25 Juli pukul 10.00 pagi, dan akan ditutup pada 2 Agustus pukul 10.00 pagi juga,” paparnya.

Sementara itu, jumlah peserta yang mengikuti MTQMN XV kali ini temyata mencatatkan rekor tersendiri. Peserta tahun ini adalah yang terbanyak dalam sejarah digelarnya kompetisi tersebut. Tahun ini ada 251 perguruan tinggi se-Indonesia yang melibatkan 3.000 peserta lomba, pendamping, beserta official.

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS menyatakan, rencananya, MTQMN XV ini akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Namun, temyata orang nomor satu di Indonesia tersebut tak bisa hadir. (viq/cl /lid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *