GAWAT! LULUSAN DM ADA YANG BELUM TERDAFTAR Dl DIKTI

GAWAT! LULUSAN DM  ADA YANG BELUM  TERDAFTAR Dl DIKII , Malang Post 24 Juli 2017

GAWAT! LULUSAN DM ADA YANG BELUM TERDAFTAR Dl DIKTI , Malang Post 24 Juli 2017

Download Malang Post 24 Juli 2017

MALANG- Anda lulusan Universitas Negeri Malang (UM), segera cek nama Anda di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Diikti. Sebab, jika nama Anda tidak ada dalam data tersebut, bisa saja ijazah dianggap palsu. Karena itulah, UM saat ini gencar menyebarkan imbauan agar alumninya segera melakukan cek ricek di
laman Dikti tersebut.

Wakil Rektor IV Universitas Negeri Malang (UM) Dr. I Wayan Dasna M.Si M.Ed mengimbau mahasiswa dan alumni angkatan tahun 2000 dan sesudahnya untuk memastikan nama mereka di PDPT Dikti. Imbauan ini diberikan, agar tidak ada ijazah mahasiswa ataupun alumni mahasiswa yang dianggap palsu.

“Jangan abaikan hal ini, karena jika nama Anda tidak terdaftar, ijazah Anda akan dianggap aspal. Mohon bantu sebar info ini, terutama ke alumni dari D-3 hingga S-3,” kata Wayan dalam imbauannya.

Wayan mengakui, adanya beberapa kasus yang dialami mahasiswa dan alumni terkait mahasiswa yang ijazahnya dianggap illegal.

la menjelaskan, dampak dari tidak terdaftamya data nama mahasiswa, sudah dialami UM sejak tahun 2015. la membeberkan, masalah ini diketahui ketika

ada mahasiswa yang tidak bisa mendaftar SM3T. Mahasiswa tersebut, datanya tidak terdaftar di FORLAP Dikti, yang merupakan pusat informasi pangkalan data pendidikan tinggi Kemenristek dikti.

“Bisa terjadi karena kesalahan nama atau tanggal lahir di ijazah sehingga datanya ditolak.Yang paling ekstrim, memang ijazah yang dianggap palsu. Bila ada masalah harap lapor agar data bisa di entri kembali,” ungkap Wayan.

Untuk itu, ia mengimbau sekali lagi, agar mahasiswa cek sendiri datanya, Sebab, fatal akibatnya jika ijazah sudah dikeluarkan namun, masih belum terdaftar di Forlap.

“Kalau belum terdaftar, tapi ijazah belum keluar masih bisa dianulir dan be-narkan lagi datanya,” terang dia.

Imbauan ini, lanjutnya, disebarkan melalui pesan teks yang disebarkan secara sistematis melalui pimpinan unit ke dosen lalu hingga sampai kepada mahasiswa. Imbauan ini juga sudah beberapa kali dilakukan.

“Selain dosen, dosen penasehat akademik juga melakukannya. Disamping itu juga ada pengumuman tertuiis di jurusan,” pungkasnya.

Untuk memastikan nama ada atau tidak, mahasiswa bisa mengunjungi https://forlap, ristekdikti.go. id/mahasiswa terlebih dahulu
(tanpa hams login). Laporan akan disampaikan ke Pusdatin dan Tim PDPT. (sin/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *