80 Tim Ikuti Pameran dan Monev Jelang PIMNAS

80 Tim Ikuti Pameran  dan Monev Jelang PIMNAS, Malang Post 13 Juli 2017

80 Tim Ikuti Pameran dan Monev Jelang PIMNAS, Malang Post 13 Juli 2017

Download Malang Post 13 Juli 2017

MALANG — Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pameran dan tinjauan Tim Monitoring dan Evaluasi (monev) ekstrenal, di Gedung Sasana Krida, kemarin. Sebanyak 80 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari UM akan berkompetisi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimnas) 2017 mendatang.

Koordinator Monev Ekstcmal Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd, M.M menga-takan, ada beberapa jenis karya yang akan dikompetisikan. Pertama, yakni PKM Penelilian dan PKM kewirausahaan.

“Jumlah jenis PKMP dan kewirausahaan keduanya hampir sama, yang jelas tujuannya yang tidak sama,” tandasnya

Heny menjelaskan, untnk PKMP, nantinya ia berharap penelilian yang dilakukan mahasiswa bisa didanai lebih lanjut. Sedangkan untuk PKM Kewirasuahaan, ia berharap nantinya mahasiswa bisa menjadikan program ini sebagai suatu project yang bisa terus ditindaklanjuti oleh mahasiswanya. 80 peserta dari UM hams bisa mem-berikan yang terbaik. Teratama untuk presentasi yang masih dirasa kurang.

“Tahun lalu, kami mempimyai kelemahan pada presentasi. Tahun ini, kami buat tim khusus dan coaching klinik untuk menangani persoalan presentasi agar bisa mengaturbahasa dengan baik.” tandasnya.

Heny mengatakan, ahli komunikasi yang didatangkan pada monev kali ini adalah dosen sastra. Nantinya, hingga Pimnas dilaksanakan akan ada jadwat khusus untuk presentasi dari dosen sastra.

Heny menegaskan, presentasi memang sangat penting. Karena, menurutnya. dari basil evaluasi mahasiswanya sudah mempunyai karya yang mumpuni namun memang masih memerlukan skill penyajian dan komunikasi.

“Anak-anak ini kan masih malu-malu dan kebanyakan mahasiswa kami ini santun. Jadi mereka memang harus diiatih bagaijnana presentasi di depan juri,” ungkap Heny.

Karena beban nilai presentasi adalah 30 persen, ia berharap dengan adanya Coaching klinik ini maha siswa bisa lebih percaya diri

la berharap, nantinya karya mahasiswa ini bisa mendapatkan apresiasi  terbaik dari Pimnas Karena, lanjut dia Pimnas, adalah wadah yang tepat untuk menuangkan ide serta kreatifitas mahasiswa.

“Ya tentu saja karena tahun ini tim yang berangkat banyak.jadi kami berharap yang bisa mcmbawa pulang juara juga bisa lebih banyak,” bebernya.

Sementara, tim monev eksternal yang datang dari Surabaya berpesan, agar para mahasiswa bisa ninampilkan karya terbaik mereka pada Pimnas kali ini. Mercka harus memanfaatkan sebaik-baiknya Pimnas tahun ini. (sin/adv/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *