36 RIBU PENDAFTAR BEREBUT 5.000 KURSI JALUR MANDIRI

36 RIBU PENDAFTAR  BEREBUT 5.000 KURSI  JALUR MANDIRI , Malang Post 11 Juli 2017

36 RIBU PENDAFTAR BEREBUT 5.000 KURSI JALUR MANDIRI , Malang Post 11 Juli 2017

Download Malang Post 11 Juli 2017

MALANG- Jalar terakhir masuk perguman tinggi negeri (PTN) diminati 36 ribu pendaftar. Mereka hams bersaing untuk bisa mengisi sekitar 5.000 kursi jalur mandiri di UB dan UM.

Ketua Informasi dan Publikasi UM Dra Aminarti Sri Wahyuni mengatakan. peminat jalur Mandiri tahun ini meningkat, walaupun tidak terlalu tinggi. Tahun lalu, peminat jalur mandiri UM berjumlah 12.830 dan tahun ini    14.982. Untuk jalur seleksi Mandiri akan ada 2019 yang diterima, dan 12.863 hams rela tersisih.

Seleksi Mandiri UM dilaksanakan dengan tes berbasis komputer dilakukan sejak kemarin, hingga 14 Juli mendatang. Tes ini dilaksanakan sebanyak 3 sesi per harinya. Seleksi inenggunakan 31 ruangan di 11 gedung yang ada di UM.

Sementara peminat seleksi Mandiri di UB tahun ini meningkat. Tahun lalu, dengan sistem tes, pendaftar jalur Mandiri beijumlah 14 ribu peserta. Tahun ini mencapai 21.530 pescrta dan akan diterima 3000 saja. Akan ada 18.530 peserta yang tersingkir.

“Memang cukup drastis dibandingkan ‘dengan tahun lalu. Apalagi jumlah kuota Mandiri semakin berkurang,” ungkap Wakil Rektor 1 bidang akademik UB, Prof. Dr. Kusmartono.

Untuk menutup kuota nantinya, Kusmar¬ tono memaparkan, Rektor sudah memberi kebijakan menaikkan 10 person kuota untuk masing-masing prodi.

“10 persen itu tidak ditambahkan melalui jalur namun melalui tiap fakultas masing-masing,’’ bebernya.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, seleksi jalur Mandiri UB tahun ini tidak menggunakan tes. Namun menggunakan hasil tes SBMPTN. Hasil berkas administrasi sudah dikirimkan ke panitia pusat SBMPTN untuk diseleksi.

“Saat ini sudah kami kirim ke web di bawah Panitia Pusat SBMPTN untuk meminta nilai SBMPTN pendaftar Mandiri. Nantinya secara keseluruhan akan diperingkatkan untuk seleksi kelolosan,” terang Kusmartono.

Yang bam pada sistem tahun ini juga, Peserta jalur Mandiri juga bisa mengajukan berkas prestasi non akademik sebagai pelengkap. Ada bcberapa yang juga sudah mengajukan berkas administrasi, dengan prestasi tingkat minimal provinsi.

“Berkas administrasi ini menjadi pertimbangan untuk para peserta yang secara akademik berada diumtan bawah, namun masih bisa dipertimbangkan. Tapi tetap nilai akademik yang dilihat lebih dulu,’’ tuturnya. la menambahkan, dokumen prestasi non akademik dan pemeringkatan nilai hasil SBMPTN akan diseleksi langsung oleh Rektor.

la membeberkan, pendaftar terbanyak di Pendidikan Dokter yaitu sejumlah 2.139. Disusul kemudian llmu Hukum 1.287. Teknik Sipil sebanyak 751 pendaftar.

Berbeda dengan UB dan UM, jalur Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim masih dalam proses pendaftaran hingga14 Juli 2017.

“Tanggal 19 Juli 2017 bam akan diadakan tes baca tulis Alquran dan tes akademik,” ujar Kepala Biro Administrasi, Akademik, dan Kemahasiswaan UIN Maliki, Drs H Achmad Hem AH.. M.Si. (sin/od)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *