Cinta Matematika sejak SD

Cinta Matematika sejak SD, Jawa Pos Radar Malang 19 Juni 2017...

Cinta Matematika sejak SD, Jawa Pos Radar Malang 19 Juni 2017…

Download Jawa Pos Radar Malang 19 Juni 2017

MUHAMMAD Faikar Mustafidz A1 Habibi, mahasiswa semester delapan jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang

(UM) ini berhasil loins mewakili Indonesia pada ajang International Mathematics Competition (IMC). Bahkan, dia sudah lolos dua kali, yakni pada 2016 dan 2017 ini.

Sebelumnya, Faikar mendapat penghargaan Honorable Mention pada ajang IMC 2016. Nah, tahun ini, dia kembali mengikuti ajang yang diadakan University College London itu di Bulgaria, 31 Juli hingga 6 Agustus. Mahasiswa asli Sidoarjo itu pun terpilih mewakili Indonesia bersama delapan orang lainnya setelah menjadi peringkat empat dengan raihan nilai 30 saat seleksi.

Peserta seleksi berasal dan tiga jalur, yakni Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPAPT), Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina, serta undangan khusus karena keikutsertaan tahun lalu. “Saya mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti seleksi bersama 24 mahasiswa se-Indonesia,” katanya, Kamis lalu (15/6).

Sebelum berangkat ke Bulgaria, dia akan menjalani pembinaan di Jakarta selama dua minggu. Sebab, di sana dia akan bersaing dengan kurang lebih 200 institusi yang berasal dari 50-an negara.

Faikar mengaku telah mencintai matematika sejak duduk di bangku SD. Sebab, bagi dia, matematika adalah pelajaran yang menantang dan dapat digunakan untuk berlatih berpikir.

“Bermain rumus dan angka itu seru. Terutama aljabar. Kitaharus,” terang alumnus SMAN 1 Bangil Pasuruan itu. (viq/c3/lid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *