Terapkan Project Based Learning, Lulusan Probis UM Lebih Siap Kerja

Terapkan Project Based Learning, Lulusan Probis UM Lebih Siap Kerja, Malang Post, 26 Mei 2017.

Terapkan Project Based Learning, Lulusan Probis UM Lebih Siap Kerja, Malang Post, 26 Mei 2017.

Terapkan Project Based Learning, Lulusan Probis UM Lebih Siap Kerja, Malang Post, 26 Mei 2017.

Terapkan Project Based Learning, Lulusan Probis UM Lebih Siap Kerja, Malang Post, 26 Mei 2017.

Malang Post, 26 Mei 2017.

MALANG- Pola pendidikan konvensional yang menekankan bahwa tenaga kerja harus memiliki pengetahuan yang tinggi tentang bidang kerjanya, tidak lagi mencukupi di era abad21 ini. Untukbisaditerimadiduniakerja secara global, dibutuhkan tenaga kerja yang dididik dengan memiliki berbagai kompetensi unggul. Sehingga dapat memiliki pemikiran yang integral, kemampuan berkomunikasi dan beradaptasi cepat, cerdas secara emosional, mampu bekerja sama dalam tim, dan memiliki etika.

Untuk menghasilkan lulusan-lulusan sesuai dengan harapan maka sebuah pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik lembaga pendidikan dipilih oleh PROBIS UM. Project Base Learning adalah salah satunya. Tujuan pendidikan di era industri kreatif adalah untuk membentuk dan melatih seseorang dalam suatu pola perilaku tertentu, sesuai dengan standar yang ditentukan sebelumnya.

Menurut Kepala Subdivisi PROBIS UM Mohammad yasin S. Korn., M. Korn., PROBIS UM akan menerapkan metode pembelajaran kearah kontekstual. Work Based Learning, maupun Project Base Learning agar dapat mempersiapkan peserta didik untuk lebih siap memasuki dunia kerja dan I. dunia bisnis.

“Hasil pendidikan yang menerapkan pem¬ belajaran ini mempakan tamatan dengan perilaku sesuai tuntutan proses produksi yang;., rutin,” ujarnya.

Dengan menerapkan gerakan ke arah sebaliknya melalui desain komponen kurikulum yang membekali kemampuan dasar yang
diperluas (broad-based curriculum), menambah komponen kurikulum adaptif yang diharapkan dapat meningkatkan fleksibilitas.
lulusan, bahkan trend saat ini yang terjadi adalah ke arah kurikulum yang terintegrasi dan mengarah kepada penyatuan kembali ‘ jalur akademik dan vokasional.

Salah satu hasil pola pembelajaran Project Base Learning PROBIS UM telah dipamerkan pada kegiatan bertajuk SHOW CASE 2 2017 bertempat di Toko Buku Togamas Malang, (24-26/5/17). Menampilkan berbagai . hasil karya dan produk unggulan mahasiswa
khususnya Prodi Desain Grafts dan Multimedia. Acara pameran tersebut juga disertai dengan workshop entrepreneurship dan. bedah buku karya Dadik Wahyu, SH Owner UTERO INDONESIA yang berjudul “Balik. jungkir”, Workshop dan bedah buku sengaja. mendatangkan pihak industri dan profesional agar dapat memberikan pengetahuan dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa tentang- gambaran dunia kerja dan bisnis yang sesungguhnya.

Pameran dan work shop merupakan bagian intergral dari program pembelajaran di Prodi Desain Grabs dan Multimedia yang menjadi agenda rutin untuk mempublikasikan karya dan produk mahasiswa agar dapat diapresiasi masyarakat umum. Digelar pula dalam rangka   memberi pengalaman lebih pada mahasiswa tentang bagaimana teknik publish dan marketing produk desain.

Pendidikan profesi setara satu dan dua tahun yang diselenggarakan oleh PROBIS UM merupakan salah satu bentuk pendidikan singkat yang menghasilkan lulusan-lulusan yang siap terjun di dunia kerja dan industri, dengan menggunakan kurikulum terstandar dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, maka raetode pembelajaran yang diterapkan juga disesuaikan dengan arahan penguasaan terhadap kompetensi inti dan beberapa kompetensi dasar untuk .setiap materi ajar yang dirancang. Konpetensi inti  dan dasar tersebut merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan di dunia kerja yang selanjutnya termasuk dalam katagori Hard Skill dan Soft Skill.

Saat ini PROBIS UM telah memiliki beberapa program studi yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan dunia usaha. Adapun jenis program studi itu antara lain ProdiTeknik Informatika (IFT), Prodi Komputer Bahasa Inggris & Perbankan (CEB), Prodi Komputer Akuntansi (CAC), Prodi Desain Grafts dan Multimedia (DGM) dengan tiga konsentrasi keahlian, Desain Grafts dan Periklanan, Animasi Game, Produksi Film dan Program Televisi, Prodi Sekretaris, Public Relation dan Digital Marketing (SPM) dengan tida konsentrasi keahlian Sekretaris, Public Relation, Digital Marketing, dan satu Prodi bafu Usaha Perjalanan Wisata, Tour dan Travel (TNT).

Dengan berbagai prodi yang dimiliki PROBIS UM membuktikan bahwa lembaga ini sebagai lembaga pendidikan profesi yang telah turut andil untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi yang spesifik sesuai dengan bidang pekerjaan yang ada. (oci/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *