Seporsi Silaturahmi 2 Negeri

Seporsi  Silaturahmi  2 Negeri  , surya 26 Mei 2017.

Seporsi Silaturahmi 2 Negeri , surya 26 Mei 2017.

Seporsi  Silaturahmi  2 Negeri  , surya 26 Mei 2017.

Seporsi Silaturahmi 2 Negeri , surya 26 Mei 2017.

surya 26 Mei 2017.

BERBICARA tentang Thailand, tidak akan bisa untuk tidak membicarakan kulinernya, Banyak makanan Thailand yang lahir dari basil kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Misalnya somtam yang dibuat dari buah pepaya yang masih muda. Ada lagi padtai. mi goreng Thailand yang disajikan dengan tauge dan beberapa sayuran. Atau tomyam. sup Thailand yang sangat terkenal di Indonesia.

Selain itu masih ada jajanan manis Thailand, seperti khao niao mamoang, kue dari ketan yang dihidangkan bersama mangga manis dan santan. Ada kaopod buar. kue manis dari

serutan jagung yang dimasak bersama santan. gula. dan garam. Kaopod buar ini sekilas mirip kolak di Indonesia.

Rasanya semua makanan ini tidak bisa dinikmaii di Indonesia. Saya harus ke Thailand untuk bisa mencicipi semuanya.Ternyata anggapan saya ini salah.

Saya bisa merasakan semuanya ketika mengajar bahasa Indonesia untuk mahasiswa-mahasiswa program In Countiy dab Walailak Univesity Thailand di BIPA Universltas Negeri Malang. Selain belajar bahasa Indonesia. mahasiswa-mahasiswa ini juga belajar tentang budaya Indonesia.

Mahasiswa darl Thailand ini juga diperkenankan untuk memperkenalkan budaya-budaya Thailand. Salah satunya lewat makanan, Tentunya dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Mahasiswa yang berjumlah 18 orang ini kemudian dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing kelompok akan mempresentasikan makanan Thailand dengan cara memasak.

Memasak makanan Thailand ini dipakai sebagai sarana untuk memancing kosakata bahasa Indonesia mahasiswa yang sudah dipelajari sebelumnya dengan hal-hal yang paling dekat dengan mereka yakni makanan Thailand.

Makanan-makanan yang mereka presentasikan kali Ini di antaranya, lap kai. keing som. keiang kaiew wan. kal jiow. dan makanan Thailand favorit saya tomyam. Mahasiswa-mahasiswa ini kemudian presentasi bahan-bahan dan cara memasaknya di hadapan kamera mlrip acara memasak di televisi.

Lapkai sendiri adalah makanan Thailand yang menggunakan bahan dasar ayam yang dicacah sampai lembut kemudian dimasak dengan beras yang sudah disangral dan dihaluskan bersama dengan bmbu bumbu khas Thailand lainnya.

Keing som adalah sup udang asam pedas, keiang kaiew wan ini mirip dengan masakan ibu saya di desa. Seperti sayur terong kacang yang dimasak dengan kuah santan.

Bedanya keiang kaiew wan ini dimasak dengan potongan ayam. Sementara kai jlow adalah telur dadar yang digoreng bersama bawang bombai.

Tomyam sendiri makanan Thailand  yang terkenal di Indonesia. Untuk memasak tomyam ini bisa menggunakan ayam. dan Jamur yang kemudian dimasak bersama kuah asam pedas.

Uniknya makanan-makanan Thailand ini bercltarasa asam karena penggunaan Jeruk nlpis yang cukup banyak. Tertarik mencoba makanan masakan mahasiswa Thailand ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *