FIK Jawab Tantangan Abad 21

FIK Jawab Tantangan  Abad 21, Jawa Pos Radar Malang 1 April 2017

FIK Jawab Tantangan Abad 21, Jawa Pos Radar Malang 1 April 2017

Jawa Pos Radar Malang 1 April 2017

TANTANGAN abad 21 Ini, masyarakat dituntut untuk sibuk bekerja, canggih teknologi, dan kurang terlibat dalam komunikasi sosial. Tuntutan tersebut menyebabkan manusia mengalami kehidupan yang kurang sehat dan sangat butuh untuk berolahraga. Karena itu, Fakultas llmu Keolahragaan (FIK) UM tidak hanya mencetak lulusan guru olahraga, tetapi juga pelatih serta atlet yang berkompeten.

’’Bahkan, ketika mahasiswa masuk FIK, bukan keterampilan yang kaml tekankan, tap! teori yang harus dimiliki,” ucap Dekan FIK Prof Dr M.E. Winarno MPd.

Jurusan FIK punyai empat program pendidikan (prodi). Yaitu prodi pendidikan jasmani dan kesehatan, llmu keolahragaan (ikor), pendidikan kepeiatihan olahraga, dan ilmu kesehatan masyarakat. Seluruh prodi di FIK difasilitasi dengan sarana dan prasarana yang mendukung. Misalnya stadion, lapangan tenia, lapangan bola voli pantai, dan kolam renang. Tak hanya itu. FIK juga memiliki laboratorium untuk melakukan penelitian-penelitian terkait prodi masing-masing. ’’Apalagi di prodi ilmu keolahragaan, kami menekankan mahasiswa untuk melakukan berbagai penelitian terkait dengan send! dan tulang manusia, Bisa dibilang, pembelajaran teori di FIK UM semi-semi kedokteran,” jelas Winarno.

FIK UM mencetak olahragawan dengan berbagai macam protest Di prodi ilmu keolahragaan, ada empat minat yang bisa dipilih oleh setiap mahasiswa. Yakni kesehatan masyarakat, fisioterapi, analisis gerak, dan manajemen keolahragaan. ’’Kami juga memberikan pilihan minat kepada mahasiswa prod1 keolahragaan,” ujar Winarno.

Jika mahasiswa ingin mendapatkan sertifikasi profesi menjadi pelatih atau guru olahraga, FIK UM sudah memberikan fasilitas tersebut. ”Jadi, alumnus FIK tidak , khawatir untuk mendapatkan pekerjaan,” tandas Winarno.

Untuk diketahui, SBMPTN bagi pendaftar FIK UM tidak hanya dari jurusan IPA, tetapi juga IPS. Bahkan, dibuka pendaftaran juga bagi lulusan SMK yang memiliki bakat di bidang olahraga dan kesehatan. ’’Kami berharap dapat menjaring mahasiswa FIK yang berkualitas, baik dari segi materi mampumengikuti atau dari segi keterampilan,” pungkas Winarno,(bin/yn)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *