Bekisar Merah Teater Pelangi

Bekisar Merah Teater Pelangi, Surya 29 Maret 2017

Bekisar Merah Teater Pelangi, Surya 29 Maret 2017

Surya 29 Maret 2017

Artikel: ENDANG RESMIATI SPDMahasiswa PPG SM3T Universitas Negeri Malang

TEATER Pelangi Universitas Negeri Malang (UM) menggelar hajatan tahunan, pentas produksi ke 23 lewat lakon Bekisar Merah  Enigma Clnta Lasi, dari novel Bekisar Merah karyaAhmad Tohari, Rabu-Kamis (8-9/3) di Gedung Sasana Budaya UM.

Seperti biasanya, Teater Pelangi menyajikan pementasan yang realis. Semua adegan sama seperti kegiatan yang dilaknkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tokoh-tokoh dalamcerita dituntut untuk tetap berakting dl atas panggung berbentuk arena. Penonton mengelilingi panggung persegi, sehingga setiap gerak pemain dapat dilihat penonton dari segala arah.

Mengusung kisah kehidupan rumah tangga lengkap dengan segala kemelut yang ada di dalamnya, mulai dari penghasilan, utang, kesetlaan, hingga kehidupan sosial.

Panggung dibentuk menyerupai petak-petak rumah yang disiasati sedemikian rupa. Tiang-tiang mirip bingkai pintu dibiarkan berdiri dan tokoh harus bisa memanfaatkan pintu itu seakan-akan nyata.

Pemain berakting dengan totalitas tlnggl mampu menghidupkan cerita dan menarik perhatian penonton yang sukses dibuat takjub dengan adegan-adegan yang bahkan tak pernah terpikirkan akan dilakukan dl atas panggung.

Disutradarai Izul Muthoaktor senior Teater Pelangi, alumnus UM, Bekisar Merah disimak bukan hanya dari kalangan internal mahasiswa UM saja. Banyak pelajar SMA dan gum, bahkan dosen yang antuslas menyaksikan pementasan ini. Di akhir acara, ditutup dengan sarasehan untuk evaluasi dan diskusi bersama penonton, pemain, dan awak Teater Pelangi lainnya. (http://suraba.ya. tribun-
news.com/201
7/03/24/ bekisar-merah-teater pelangi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *