Try Out UN SMA Belum Berbasis Komputer

Try Out UN SMA Belum Berbasis Komputer, Malang Post 31 Januari 2017

Try Out UN SMA Belum Berbasis Komputer, Malang Post 31 Januari 2017

 Malang Post 31 Januari 2017

Try Out UN SMA Belum Berbasis Komputer

MALANG- Try Out Kota UN SMA dilaksanakan kali pertama, kemarin. Pelaksanaan Try out UNBK tingkat kota ini dilakukan tidak berbasis komputer namun berbasis kertas.

Ketua Pelaksana Try out Kota SMAN 4, Herlina Wahyuni mengatakan pelaksanaan try out yang masih menggunakan PBT (Paper based test) ini dikarenakan untuk efisiensi waktu.

“Kalau menggunakan komputer kita bisa memakan waktu sampai dua minggu,” jelasnya.

Menurutnya, try out tingkat kota ini penting untuk memberikan stimulus kepada siswa tentang UN tahun ini. Selain
itu, walaupun UN hanya dijadikan sebagai pertimbangan SNMPTN, ia berharap siswanya bisa meraih nilai maksimal.

“Tentu saja kami ingin agar anak-anak bisa mengukur kemampuan mereka untuk bersaing minimal di ranah kota,” paparnya.

la mencoba meyakinkan kepada siswa kalau try out kota ini penting. “Walaupun berbeda basisnya, namun latihan seal dari kisi-kisi seperti ini tetaplah diperlukan,” ungkap Herlina.

Ia ingin agar siswa bisa terns mempunyai semangat jelang UN. “Mempunyai semangat jelang UN hams terns ada pada siswa, basis apapun soal latihan tetap hams dilaku¬ kan sebagai stimulus agar mereka terbiasa untuk menjawab soal.” tukasnva.

Selain SMANegeri, SMA Swasta Kota Malang pun berharap hasil try out Kota pertama ini bisa dijadikan sebagai ukuran kesiapan mereka menghadapi soal-soal pada UN nantinya. Siswa SMA Lab UM keias XII IPS 5 Raka Hadi pun merasa agar try out kota ini bisa menjadikan di-rinya mengukur kesiapan dalam menghadapi UN nantinya.

“Saya berharap selain mengukur kesiapan juga bisa mengukur kemampuan saya, untuk lingkup Kota,” ungkapnya. Karena bagi dia, try out Kota adalah salah satu acuan untuk bisa menilai kemampuannya. “Karena kan, kalau try out sekolah lebih kepada sistim, kalau kota walau manual tapi soal-soal tetap hams dipelajari betul,” tukasnya.

la yang mengaku mengikuti bimbel di luar jam pelajaran pun akan membahas beberapa soal yang menurutnya sulit untuk dibedah dan ditemukan jawabannya

“Ada beberapa soal tadi yang susab sudah saya beri tanda dan nantinya akan saya minta untuk dibahas tuntas saa: bimbel,” ujamya.

Try out Kota hari pertama ini meliput mata pelajaran (mapel) Bahasa Indone¬ sia untuk umunv kimia untuk jurusan MIPA, Geografi untuk jurusan IPS, dai Sastra Indonesia untuk jurusan Bahasa Pelaksanaan masing-masing mape adalah dua jam. Try out kota ini akan dilaksanakan selama tiga hari untuk enam mata pelajaran. (sin/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *