TIK DAN MANAJEMEN MASIH FAVORIT

TIK DAN MANAJEMEN MASIH FAVORIT. Malang Post 25 Januari 2017

TIK DAN MANAJEMEN MASIH FAVORIT. Malang Post 25 Januari 2017

TIK DAN MANAJEMEN MASIH FAVORIT. Malang Post 25 Januari 2017

TIK DAN MANAJEMEN MASIH FAVORIT. Malang Post 25 Januari 2017

 Malang Post 25 Januari 2017

TIK DAN MANAJEMEN MASIH FAVORIT

SNMPTN 2017

MALANG- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) barn dibuka Februari mendatang. Namun para siswa
SMA sudah mulai merencanakan jurusan pilihannya.

Wakil Rektor I Universitas Brawijaya Malang,Prof. Dr. Ir. Kusmartono memproyeksikan beberapa jurusan favorit tahun lain masih menjadi favorit pada SNMPTN tahun ini. Jurusan yang masih menjadi favorit misalnya adalah jurusan Teknik Informatika dan Komputer (TIK), Agribisnis, Agroteknologi, dan kedokteran.

“Peminat TIK masih tinggi saya rasa untuk tahun ini. Tahun lain kan TIK menduduki peringkat 1 jurusan paling diminati. selain itu Agrobisnis pun tidak akan redup popu-
laritasnya, Fakultas Pertanian juga, apalagi Fakultas Kedokteran (FK),” ujarnya.

la mengungkapkan, j urusan-jurusan tersebutlah yang tahun lain pada SNMPTN menjadikan UB menjadi peringkat 2 nasional PTN dengan jumlah peminat terbesar dengan jumlah peminat 64653. Selain jurusan tersebut, dalam bidang ilmu sosial pun ada beberapa jurusan yang paling diminati, yaitu Manajemen dan Administrasi bisnis.

la pun memproyeksikan jika untuk tahun ini, jumsan-jurusan tersebut akan banyak diminati. Untuk SNMPTN tahun ini, ia menambahkan, memporsikan 40 persen untuk SNMPTN. Dengan prosentase itu ia yakin nantinya UB akan menduduki peringkat pertama peminat terbesar dan mampu menjdai PTN favorit di Indonesia.

“Ya saya rasa masih akan tetap stabil peminatnya, atau mungkin malah akan lebih banyakTkita lihat saja nanti. Yang pasti jurusan favorit dan
banyak diminati tentu juga akan mempunyai passing grade tinggi dan pastinya persaingan kompetitif,” ungkap dia.

Dengan adanya banyak peminat di setiap jurusan, tentu saja akan membuat peserta seleksi semakin kompetitif. Karena semakin kompetitif, ia menyarankan kepada calon peserta seleksi yang ingin memilih jurusan tersebut untuk benar-benar mempertimbangkan.

“Saya rasa siswa itu harus rasional juga, karena banyak pesaingnya, banyak yang nilainya bagus janganlah asal ambil jurusan karena popularitas atau peluang kerja,” tandasnya. la berpesan agar calon peserta bisa memposisikan diri dan tau dimana kemampuan mereka.“Calon peserta harus tau, karena itu mereka harus sadar dimana kelemahan mereka, dimana kemampuan mereka,” bebernya.

la mencontohkan, misalnya fakultas kedokteran, calon peserta harus pula mengetahui kemampuan orang tua. “FK cukup mahal, j adi ya itu harus dipertimbangkan jangan asal, biaya praktik juga mahal, jadi haras bisa menyesuaikan,” tandasnya.

Sementara Wakil refctor 1 UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd juga memberikan pesan kepada calon peserta seleksi SNMPTN agar tidak teipaku pada profesi di dunia keija. Calon peserta diminta untuk tidak memilih jurasan dengan pertimbangan pangsa pasar keija yang menjanjikan atau mapan.

“Misalnya hanya demi ingin menjadi pegawai bankers lantas siswa haras masuk ke jurasan akuntansi atau manajemen, padahal bankers saat ini bisa berasal dari segala disiplin ilmu, jadi pilih jurasan sesuai kemampuan dan minat. Kalau IPA ingin jadi banker ambil saja, tidak usah khawatir,” bebernya.

Seleksi SNMPTN diawali dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai 14 Januari hingga 12 Februari 2017.

Kemudian, tahapan dilanjutkan dengan pendaftaran peserta SNMPTN pada 21 Februari hingga 6 Maret. Setelah tahapan tersebut, panitia pusat akan melakukan seleksi peserta yang berlangsung pada 16 Maret sampai 15 April. Peserta yang lolos seleksi akan dimumkan pada 26 April. Selanjutnya, merekaakan diminta melakukan pendaftaran ulang.

Adapun jadwal SBMPTN dimulai dengan tahap pendaftaran peserta pada 11 April sampai 5 Mei. Calon mahasiswa dapat memilih jenis tes yang mereka inginkan, apakah ujian tubs berbasis kertas atau berbasis komputer. Selanjutnya, ujian tubs akan digelar pada 16 Mei.

Adapun ujian keterampilan akan dilakukan pada !7 dan atau18 Mei. Panitia pusat akan mengumumkan daftar peserta yang lolos seleksi pada 13 Juni.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, calon mahasiswa juga dapat mengikuti ujian masuk perguraan tinggi negeri melalui jalur mandiri. Ujian mandiri tersebut dilaksanakan sendiri oleh masing-masing perguraan tinggi setelah pengumuman kelulusan SBMPTN keluar. (sin/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *