Siswa SMA Lab UM Kunjungi Sejumlah Perusahaan di Jatim

Siswa SMA Lab UM Kunjungi Sejumlah Perusahaan di Jatim. Malang Post 25 Januari 2017

Siswa SMA Lab UM Kunjungi Sejumlah Perusahaan di Jatim. Malang Post 25 Januari 2017

Malang Post 25 Januari 2017

Siswa SMA Lab UM Kunjungi Sejumlah Perusahaan di Jatim

MALANG – Kegiatan studi terintegrasi berupa kunjungan ke perusahaan menj adi altematif  baru bagi SMA Laboratorium UM dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa. Sebanyak 260 siswa kelas XI mengikuti kunjungan ke beberapa perusahaan di Jawa Timur pada Selasa (24/1) kemarin.

Kepala SMA Laboratorium UM Rosdiana Amini, M.Pd, mengatakan, kegiatan kunjungan bertujuan untuk mengenalkan pembelajaran di luar kelas kepada siswa SMA Laboratorium UM khususnya kelas XI dalam kaitannya dengan pengembangan diri dan penambahan wawasan secara global.

“Melalui kegiatan kunjungan ke perusahaan juga untuk menunjukkan dunia luar sebagai referensi siswa dalam berproses di kegiatan belajar. Selain itu kegiatan di luar kelas tentunya dapat menciptakan suasana yang menyenangkan untuk siswa,” imbuhnya.

Kegiatan kunjungan ini berdasar pada Standart Kompetensi Lulusan bahwa peserta didik harus bisa menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri dan dituntut untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya. Kegiatan studi terintegrasi berupa kunjungan ke perusahaan mengaitkan beberapa aspek baik intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran, sehingga siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh serta pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Kunjungan ke perusahaan ditentukan berdasarkan jurusan, untuk jurusan MIPA kunjungan ke Petik Madu, Saam Jaya, Bakpao. Jurusan Bahasa ke Konjen China dan TVRI, sedangkan IPS ke Petik Madu, PT. Indofood Sukses Makmur dan Intake. Lokasi terakhir yang menjadi kunjungan seluruh siswa SMA Laboratorium UM kelas XI yakni Pantai Kenjeran Baru

Sementara itu, Humas SMA Laboratorium UM, Dra. Jumiati, M.Pd, menambahkan, kegiatan kunjungan juga untuk mengenalkan kepada siswa tentang dunia industri dan perusahaan. Setelah kegiatan kunjungan ini diharapkan siswa bisa lebih fokus dan gembira dalam belajar di sekolah.

“Dengan melihat secara langsung mengenai apa saja yang ada di suatu perusahaan juga diharapkan mampu menjadi acuan siswa untuk berfikir kreatif, inovatif dan selalu optimis. Selain itu juga untuk menambah motivasi siswa untuk lebih giat lagi dalam belajar dan menuai prestasi,” pungkasnya. (mpS/sir/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *