LHO! BERAT BADAN NAIK KARENA OLAHRAGA

LHO! BERAT BADAN NAIK KARENA OLAHRAGA. Malang Post 23 Januari 2017

LHO! BERAT BADAN NAIK KARENA OLAHRAGA. Malang Post 23 Januari 2017

Malang Post 23 Januari 2017

LHO! BERAT BADAN NAIK KARENA OLAHRAGA

MALANG- Kebanyakan 6 dari 10 wanita yang mengidamkan badan langsing, tubuh selalu bugar dan sehat, selalu salah dalam berolah- raga. Mereka hanya membakar glikogen saat melakukan olahraga yang setengah-setengah, belum sampai ke lemak jenuh. Justru glikogen inilah yang menyebabkan rasa lapar meningkat dan lemak semakin bertumpuk.

Pakar olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (UM) Dr. Sugiharto, M.S menuturkan, tak dapat dipungkiri lagi, gaya hidup masyarakat modem saat ini lebih memilih latihan fisik yang memiliki sifat menyegarkan. Senam aerobik seperti salah satunya yang sedang menjadi tren. Selain dapat menjaga kebugaran tubuh, juga baik untuk menunjang kesehatan mental dan penampilan. Tubuh pun menjadi lebih bugar.

Menurutnya, ada beberapa jenis olahraga yang cocok untuk wanita. “Pertama, jogging karena memudahkan pola diet, atasi nyeri menstmasi dan cegah penyusutan otak. Kedua, senam aerobik yang mengurangi berat badan, meningkatkan fungsi jantung. Terakhir yoga yang meningkatkan kineija otot atau saraf dan dapat memperbaiki struktur tulang,” ujamya.

Tidak main-main, olahraga menyenangkan diatas juga harus mempertimbangkan Repetisi Maksimal dengan sedikit beban maksimum yang akan membentuk kekuatan. Seperti halnya olahraga aerobik, bagi kaum wanita dewas perlu untuk mengetahui dan mengukur tingkat kekuatan diri  agar mengurangi risiko serangan jantung, gagal diet, dan mengendomya otot-otot tertentu.

Gerakan low impact dan high impact merupakan bagian dari senam aerobik berdasarkan tingkat intensitas gerakan dan pola kaki. Yang mana, wanita benar-benar harus memahami kemampuan diri masing-msing dalam memilih low impact dan dan high impact. Ada takaran tertentu dalam menentukan gerakan ini berdasarkan faktor usia, yang nantinya berpengaruh  pada glikogen dalam tubuh.

Glikogen ini membentuk simpanan karbohidrat di dalam tubuh, yang terbentuk dari hasil karbohidrat berlebih, dan ber fungsi sebagai cadangan ener Glikogen disimpan di hati dan otot, apabila dibutuhkan, maka cadangan energi ini akan diubah kembali menjadi glukosa melalui proses hidrolisis oleh sel.

Nah, jika olahraga yang Anda lakukan selama ini kurang tepat, maka bukan malah menjadi langsing, bisa jadi tubuh Anda makin melar. (mgl/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *