GURU PROFESIONAL WAJIB BERKARYA

Malang Post 25 November 2016

Malang Post 25 November 2016

Malang Post 25 November 2016

GURU PROFESIONAL WAJIB BERKARYA

MALANG- Tuntutan profesionalisme guru menjadi sangat penting di tengah makin beratnya tantangan dunia pendidikan. Guru dituntut untuk terus berkarya dan meningkatkan kualifasnya. Karena itulah, tema Guru Mulia dengan karya dipilih dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun ini.
Pakar Pendidikan dari Universitas Negeri Malang Prof. Bambang Budi Wiyono M.Pd, menganggap profesionalitas guru di Indonesia masih kurang.
“Jangan jadikan peringatan hari guru hanya sebagai peringatan semata, namun juga sebagai pemaknaan mendalam tentang apa itu guru, dan profesi sebagai guru,” ungkap Bambang.
Dekain Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM ini menuturkan profesi guru, bukanlah hanya sekadar profesi mengajar, namun juga profesi mendidik la berharap, melalui peringatan hari guru ini, para guru bisa berkomitmen untuk mencerdaskan dan mendidik para anak bangsa.
“Komitmen itu penting, kalau hanya mengajar tanpa ada komitmen untuk menggeluti profesi sebagai pendidik sangat susah,” ujarnya.
Bambang melihat selama ini,guru-guru banyak yang telah mengesampingkan komitmen dan profesionalisme mereka sebagai guru. la menganggap, guru-guru saat ini lebih mengejar reward, yang seharusnya diterima karena adanya profesionalismenya
Kalau seorang guru bisa berkomitmen, ia juga pasti bisa meningkatkan kompetensinya, sudah jelas .itu, Guru yang bisa berkarya pasti guru yang berkomitmen,” paparBambang.
la berharap, pada peringatan hari guru yang ke 69 ini bisa menjadikan generasi guru saat ini bisa meningkatkan profesionalismenya, bisa menunjung tinggi nilai-nilai pendidikan yang sesungguhnya, dan juga bisa mengembangkan kompetensi melalui keteguhan komitmen untuk menjadi seorang guru.
Seorang guru yang professional, menurut Bambang adalah guru yang bisa menempatkan perannya untuk siswa dan dunia pendidikan. Berkarya dan terus berinovasi, melalui jiwa dan had yang tulus “untuk mengabdi. (sin/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *