Dibutuhkan Guru Berkarakter di Era Global

Malang Post 25 November 2016

Malang Post 25 November 2016

Malang Post 25 November 2016

Dibutuhkan Guru Berkarakter di Era Global

MALANG — Pusat Pengembangan Pendidikan Profesi Guru (P4G) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM kembali mengadakan Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG), kemariri. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan ini dilaksanakan di Graha Cakrawala UM dengan tema “Membangun Guru Profesional Berkarakter di Era Globalisasi.
Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, Guru Besar dan Direktur Pascasarjana UM, mengatakan, menjadi seorang guru hams mempunyai profesionalitas dan berkarakter di Era Globalisasi. Ini adalah salah satu poin untuk siap menghadapi ME A.
Menurut Nyoman, bukan hanya siswa yang haras berkarakter, namun guru juga
haras mempunyai karakter.
“Karakter menunjukkan profesionalitas seorang guru,” kata Nyoman.
la mengatakan, jangan sampai pasar pendidikan dimasuki atau bahkan dikuasai oleh tenaga asing, yang mempunyai karakter lebih dibandingkan dengan tenaga guru di Indonesia.
Guru sebagai ujung tombak haras mengerti peranannya. Tidak semua guru paham akan peran profesionalitasnya, kebanyakan mereka hanya mengajar saja,” tukasnya.
Nyoman ingin tenaga guru di Indonesia bisa menjadi tenaga guru yang profesional dan juga berkarakter karena karakter. Menurutnya karakter adalah cikal bakal dari kemunculan rasa profesionalisme seorang guru.
“Guru harus mempunyai karakter kuat misalnya ia harus mempunyai rasa nasionalisme, maka secara profesional ia akan menanamkan nilai-nilai nasionalisme itu kepada muridnya,” papar Nyoman.
Nyoman mengatakan, pendidikan guru tidak hanya melulu haras tentang kurikulum
dan bahan ajar, namun juga penanaman karakter dan profesionalitas. Karena era Global menuntut guru untuk bersaing, dan mempunyai jiwa kompetitif. (sin/oci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *