Lelaki dengan Nama Terpanjang

Malang Post 24 November 2016

Malang Post 24 November 2016

Malang Post 24 November 2016

Lelaki dengan Nama Terpanjang

MALANG KOTA – Seniman lose Rizal Manua tampil luar biasa dalam pementasan monolog yang bertajuk Mas Joko di laboratorium drama Universitas Negeri Malang (UM)
Selasa malam (22/11). Dia yang tampil seorang diri, mampu menghibur sekaligus mengedukasi penonton, malam itu. Jose yang mengatasnamanakan Joko, tampil dengan celana putih, baju berwarna merah, mengenakan topi dan tampil sebagai pujangga tua. Lain ada koper merah berisi bunga, yang katanya selalu dibawa ke mana-mana.
Jose, sapaan akrabnya, bertindak dan bertutur seorang diri di panggung. Namun, dia mampu mengarahkan penonton untuk tertawa tatkala menyaksikan aksinya yang konyol.
Seperti saat dia berkenalan dengan cewek dengan nama panjang yang mengalahkan kereta api. Bagaimana tidak, namanya yang panjang yang diawali dad huruf a sampai dengan z itu begitu jelas dia sampaikan saat berkenalan
Sehingga, tidak ada yang mengingat namanya dan sulit mendapatkan pacar. Lalu dia menyebut dirinya sebagai Mas Joko.
Aksinya juga membuat penonton juga ikut sedih. Apalagi saat dia merindukan kekasihnya di usia yang setengah abad yang tak kunjung tiba. Karena pada  usia mudanya, dia terauma dengan kehidupan temannya yang menikah muda, lantas meninggal karena keracunan ‘susu’ pasangannya.
Lewat peran tersebut, sesungguhnya Jose tidak benar-benar ingin menyampaikan kisah itu.
Tetapi ada nilai lain yang disampaikan lelaki berkelahiran Sumatera Barat tersebut. Kepada koran ini, Jose Rizal mengatakan, sesungguhnya yang ingin dia sampaikan bukan pada apa yang dipentaskan langsung. Namun, bagaimana cara dia mementaskan tetaer tersebut. “Saya ingin menyampaikan nilai budaya timur yang sudah benar-benar dilupakan dewasa ini,” ujar dia. (kis/cl/lid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *