Dari Unair untuk Ring 1

Jawa Pos Radar Malang 19 November 2016

Jawa Pos Radar Malang 19 November 2016

Jawa Pos Radar Malang 19 November 2016

Dari Unair untuk Ring 1

UNIVERSITAS Airlangga (Unair) juga menggarisbawahi tokoh-tokohnya yang masuk ring 1 republik ini. Banyak alumnus Unair yang memulai karir dari daerah masing masing. Lantas, karena kepercayaan negara, mereka ditarik sebagai menteri atau petinggi negara.
Dari jajaran pejabat negara, alumni Unair yang masuk buku Jejak Langkah Ksatria Airlangga, antara lain, Ketua MA Dr M. Hatta Ali SH MH. Sosok 66 tahun itu alumnus 1977. Tokoh kelahiran Pare-Pare tersebut masuk fakultas hukum (FH) pada 1970.
Hatta Ali pernah bekerja di PT Niirtanio (kini PT Dirgantara Indonesia). Mampir sebentar di Kementerian Kehakiman, Hatta lantas berkarir sebagai hakim di lingkungan Mahkamah Agung (MA) sampai menjadi ketua MA hingga saat ini.
Dj jajaran menteri kabinet Presided Joko Widodo saat ini, juga ada tiga alumnus Unair. Salah satunya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr H Muhadjir Effendy MAP. Dia merupakan alumnus Pascasarjana Unair yang menjadi dosen Universitas Negeri Malang (UM) dan lama menjabat rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Juga ada Menteri ESDM Ignasius Jonan, alumnus akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis (FEB); Menteri Sosial Dra Khofifah Indar Para-
wansa, alumnus FISIP Unair; dan Men PAN-RB Asman Abnur SE MM, alumnus pascasarjana.
Dalam memajukan negara bangsa, Muhadjir memiliki filosofi menarikyang inspiratif dan saraf,nilai moral. “Jika meninggalkan suam tempat, tlnggalkanlah yang baik- baik,” ujarnya.
Sementara itu, Khofifah sebagai Mensos sangat prihatin, bahkan menangis,manakala melihat banyaknya korban inses (kasus hubungan seksual sedarah). Apalagi,
kebanyakan yang mengalaminya dari keluarga miskin. ”Saya menangis saat mengunjungi ada anakhamil di Kalimantan, sedangkan pelakunya adalah orang tuanya sendiri, sf bapak,” kata Khofifah.
Sebelum menjadi menteri sosial, Khofifah pernah menjabat menteri pemberdayaan perempuan di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dia juga dikenal sebagai ketua umum Muslimat NU hingga saat ini.
Menteri lam yang juga alumnus Unair adalah Men PANRB Asman Abnur SE MSi, Dia pernah tercatat sebagai ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Batam, ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kota Batam, anggota DPRD Kota Batam, wakil wali kota Batam, dan anggota DPR dari Fraksi PAN. Lalu, pada 17 Juli 2015, dia diangkat sebagai Men PAN-RB.
Selain mereka, ada Ignasius Jonan yang diakui sebagai inovator PT Kereta Api Indonesia sehingga semoncer saat ini. Saat menjabat Dirut PT KAI, Jonan memang melakukan banyak perubahan, termasuk menerapkan sistem boarding pass. Juga menerapkan aturan tegas terkait dengan ketepatan waktu dan kebersihan. Bahkan, Jonan secara keras melarang aktivitas merokok di area stasiun dan kereta api. Padahal, dia dikenal sebagai perokok berat (Maksum/www.jpip.or.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *