UB-UM Juara Raneang Bangun

Jawa Pos Radar Malang 14 November 2016

Jawa Pos Radar Malang 14 November 2016

Jawa Pos Radar Malang 14 November 2016

UB-UM Juara Raneang Bangun

MALANG KOTA – Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) patut Barit angga. Dua kampus ini berhasil menjuarai kompetisi raneang bangun tingkat nasional. Dalam acara Inducement Awards ini, UB meraih juara satu dan UM meraih juara dua.
Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) UB Ir Sugeng Budio MS menjelaskan, mahasiswanya berhasil membuat prototipe rumah tipe 36 hanya dalam waktu dua jam. Sehlngga, rumah dengan sistem bongkar pasang itu berhasil menjadi juara
satu Inducement Awards, yang diselenggarakan Jumat malam(11/11). ”Keunggulan kami, rumah mudah dibuat, praktis, dan cepat,” katanya, Sabtu (12/11).
Sugeng menjelaskan, jika protipe 36 riil, dalam waktu sehari bisa dibangun satu sampai sepuluh rumah. “Jika alatnya memadai, dalam sehari bisa dibangun hingga sepuluh rumah. Pembangunannya cepatkarena dibuat dengan sistem knock down. Jaditinggal pasang saja,” lanjumya.
Rumah knock down yang dibuat UB itu, terbilang sudah kuat dan mumpuni. “Dengan sistem yang kami buat, rumah knock down yang dirancang mahasiswa UB ini, bisa dibangun untuk dua lantai,” terang Sugeng.
Prestasi yang diraih mahasiswa Teknik SipU FT UB ini, bisa dibilang merupaikan ulangan dari 2014 lalu. Dua tahun lalu, FT UB juga mampu meraih juara 1 Inducement Awards dalam kateguri Fabricated Reuse Cempetitien.
Fabricated Reuse Cempetitien adalah kompetisi perancangan rumah pabrikasi berbasis semen berkonsep open frame, yang mana panel-panel dinding bersifat nonstruktural.
Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Sipil FT UM Dr Ir B. Sri Umiyati MT mengaku sudah berpuas diri dengan capaian yang mereka raih. “Indocement sebelumnya kami belum juara. Jadi sementara ini cukup. Bahkan kita terkejut sekali,” ungkapnya,
kemarin.(zya/c4/riq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *