Jaga Tradisi Juara Umum MTQ Mahasiswa Nasional

Malang Post 31 Oktober 2016

Malang Post 31 Oktober 2016

Malang Post 31 Oktober 2016

UM Gelar MTQ Antar-Fakultas

Jaga Tradisi Juara Umum MTQ Mahasiswa Nasional

MALANG KOTA – Universitas Negeri Malang (UM) empat tahun berturut-turut menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar perguruan tinggi se-Indonesia. Sebuah prestasi yang membanggakan.
Untuk MTQ M 2017, UM bertekad mempertahankan juara umum. Karena itu, Sabtu (29/10) sampai Minggu (30/10), UM menggelar MTQ tingkat fakultas. Tujuannya mencari duta-duta andalan UM yang maju dalam MTQ 2017 yangrencananya berlangsung diUM dan
Universitas Brawijaya (UB). Sebagai salah satu tuan rumah, UM tentutak ingin gelar juara umum melayang.
“Kami empat kali menjadi juara umum dalam MTQ mahasiswa nasional. Kami ingin mempertahankan itu dan mentradisikan juara di UM,” ujar ketua pelaksana MTQ XII UM Ahmad Faizul Walida Ismani.
MTQ tersebut diselenggarakan mahasiswa yang tergabung dalam UKM Alquran Study Club. Kegiatan ini mengangkat tajuk “Semarak Membumikan Alquran, Mentradisikan Juara Umum MTQ” Selain menjaring duta UM di MTQ 2017, kegiatan yang diikuti perwakilan dari masing-masing fakultas di UM itu menjadi ajang untuk membiasakan diri dengan Alquran dan segala kajiannya.
MTQ antar-fakultas ini diikuti 650 peserta putra dan putri. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, jumlah peserta MTQ hanya 400 orang. Jadi, ada penampahan peserta seldtar 20 persen.
MTQ ini terdiri atas sepuluh perlombaan. Masing-masing lomba tilawatil Quran, tartil Quran, syarhil Quran, khat Alquran, hifdzil
Quran, fahmil Quran, karya tulis ilmiah AJ Quran, desain aplikasi Alquran, debat bahasa Arab, serta debat bahasa lnggris. “Nantinya mahasiswa yang meraih juara satu akan ditempa lagi untuk jadi waMl UM dalam ajang MTQ mahasiswa nasional,” ungkap Faizul.
RektorUM Prof Dr Ah. Rofi’uddinMPDyangdiwakili Ketua LP3 Dr H Sulthon membuka event ini dengan didampingi jajaran sivitas akademika UM. Sulthon menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan semacamini. Menurut dia, ilmu dalam Alquran akan menuntun mahasiswa dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. “Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan dapat mempertahankan prestasi dan UM dapat mentradisikan juara,” tandas Sulthon. (hzs/yn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *